Ragam Cara Menjaga Kebersihan Shockbreaker Belakang Motor

Ragam Cara Menjaga Kebersihan Shockbreaker Belakang Motor
Selasa, 17 Januari 2023 18:00
Benny Averdi

Berkendara, tak melulu mengandalkan performa mesin saja. Akan tetapi, perangkat suspensi pun diperlukan agar tunggangan dapat dikendarai dengan nyaman dan aman. Nah, belakangan kerap dijumpai motor dengan penutup shockbreaker. Apa fungsinya?

Dengan disarungi, diharapkan kotoran tidak mudah mengenai perangkat peredam kejut belakang tersebut. “Itu bagus, sehingga tidak mudah kotor,” kata Sutrisno, Pemilik Jawa Motor Service di kawasan Palmerah, Jakarta Barat. Menurutnya, bagi pengguna yang tidak dapat menjaga tunggangannya selalu bersih, bisa memanfaatkan aksesori ini.

   Baca Juga: Perbandingan Tinggi Jok Yamaha Grand Filano dengan Fazzio dan FreeGo

Sokbreker kotor

   Baca Juga: Tips Perawatan Speedometer Digital Motor, Apa yang Perlu Diperhatikan

Namun ada juga yang berpendapat, cover atau sarung shockbreaker akan meningkatkan suhu di sekitar komponen, sehingga panasnya berpotensi mengganggu kinerja suspensi. Meski belum ada penellitian teknis mengenai hal ini, tetapi tentu cara paling mudah adalah dengan menjaga kebersihan motor saja. Agar batang shockbreaker tidak baret terkena kotoran. Sebab, kalau baret akan menyebabkan oli suspensi merembes.

Untuk membersihkannya, cukup dengan menggunakan air dan sabun saja. Kemudian, gunakan kuas untuk menyapu kotorannya. “Jika bagian per dilabur cat, bisa juga dilakukan coating,” terang M Rizki Elrivany, Head of SCI Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.