Sensor TPS Motor Honda Rusak, Ganti Satu Paket dengan Throttle Body?

Sensor TPS Motor Honda Rusak, Ganti Satu Paket dengan Throttle Body?
Sabtu, 24 Juni 2023 11:00
Ruslan Abdul Gani

Komponen TPS (Throttle Position Sensor) di motor punya fungsi membaca bukaan koin (throttle valve) pada throttle body. Setelah membaca, TPS akan mengirimkan sinyal elektrik ke ECU untuk memberi tahu seberapa banyak bahan bakar yang dibutuhkan. 

Layaknya komponen lain, TPS juga bisa mengalami kerusakan. Gejala TPS rusak biasanya ditandai dengan tarikan yang kurang responsif atau brebet. Kalau sudah seperti ini, tentunya perlu penggantian TPS.

   Baca Juga: Viral Motor Terbakar Saat Isi BBM Akibat Digoyangkan, Ini Kata Pertamina

TPS Honda Rusak Harus Ganti Set Throttle Body

Tapi, untuk motor injeksi Honda tidak dijual secara terpisah, harus satu paket dengan throttle body-nya. Pihak Honda pun tidak menyarankan untuk mengganti komponen TPS-nya saja.

"Beberapa sensor di motor injeksi, Honda tidak menyediakan secara terpisah, harus beli satu paket," ujar Reza Resdie dari Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) beberapa waktu lalu di Kemayoran, Jakarta Pusat.

TPS Honda Rusak Harus Ganti Set Throttle Body

   Baca Juga: Tikus Sering Bersarang di Motor? Begini Cara Mencegahnya

Salah satu komponen yang tidak dijual secara terpisah itu ialah sensor TPS. Sensor ini posisinya menempel dengan throttle body, jadi harus beli satu set. "Alasannya dijual sepaket itu karena masalah kalibrasi, TPS sudah presisi dari pabrik. Jadi, pemasangannya tidak bisa sembarangan. Hal ini untuk menghindari masalah dan kerusakan komponen lain, makanya harus ganti satu set," jelas Reza.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.