Tikus Sering Bersarang di Motor? Begini Cara Mencegahnya

Tikus Sering Bersarang di Motor? Begini Cara Mencegahnya
Jumat, 23 Juni 2023 12:45
Ruslan Abdul Gani

Salah satu hewan yang sering menjadi musuh para pemilik motor ialah tikus. Hewan ini suka bersarang di dek bagian bawah motor matic atau pijakan kaki pengemudi. Tidak hanya bersarang, tetapi tikus sering membawa sampah atau sisa makanan, bahkan bisa menggigit kabel kelistrikan.

Jika kabel sampai putus, tentunya kelistrikan di motor akan mengalami masalah. Lantas, bagaimana cara menghindari tikus bersarang di motor?

   Baca Juga: Usung Konsep Elegan Modis, Modifikasi Yamaha NMax Tembus Rp 120 Jutaan

Dek Motor Jadi Sarang Tikus

Reza Resdie, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) menjelaskan bagian yang paling disukai oleh tikus adalah di dalam dek motor. "Tikus masuk melalui celah-celah yang ada dan hewan ini sangat menyukai tempat-tempat yang kotor untuk bersarang," ujar Reza beberapa waktu lalu.

Menurut Reza, tikus menyukai bagian yang punya suhu hangat. "Letak dek kan dekat dengan mesin, jika motor habis dipakai itu hangat, terus ada ruang makanya tikus betah. Tak hanya dek, pernah juga kejadian tikus bersarang di lampu belakang," ucap Reza.

Celah Dek Motor Jalan MasukTikus

   Baca Juga: Boleh Enggak Sih, Isi Radiator Motor Pakai Air Mineral?

Maka dari itu, Reza mengingatkan salah satu cara mencegah tikus bersarang di motor dengan menjaga kebersihan. "Motor harus rajin dicuci. Jangan bagian luarnya saja, area yang tersembunyi juga diperhatikan kebersihannya. Hal ini bisa menghindari tikus bersarang," jelasnya.

Kemudian, lokasi parkir motor juga harus diperhatikan. Hindari dari tempat yang kotor dan kumuh. "Ketika menyimpan atau parkir motor sebaiknya di tempat bersih, jangan dekat tempat sampah," terangnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.