Simak! Segini Masa Pakai V-belt di Motor Matic, Pakai Patokan Kilometer

 Simak! Segini Masa Pakai V-belt di Motor Matic, Pakai Patokan Kilometer
Kamis, 23 Maret 2023 09:00
Ruslan Abdul Gani

Pada motor bertransmisi otomatis atau matic, penyaluran tenaga dari mesin dialirkan melalui komponen CVT. Komponen di dalam CVT pun beragam, salah satunya adalah V-belt. Fungsi v-belt layaknya rantai di motor yang menghubungkan gear di crankcase dengan gear di roda belakang.

V-belt pun serupa komponen lain yang punya batas usia pemakaian. Lantas, kapan v-belt motor perlu dilakukan penggantian?

   Baca Juga: Ternyata Ini Penyebab Oli Mesin di Motor Bisa Berkurang

V-belt di Motor Matic

Yoshua Tetelepta selaku Produk Supervisor Aspira menjelaskan batas usia pemakaian v-belt sebaiknya berdasarkan kilometer. "Batas usia pemakaian v-belt, maksimalnya bisa mencapai sekitar 20 ribu kilometer," ujar Yoshua kepada OtoRider di JCC Senayan, Jakarta beberapa waktu lalu.

Namun, itu merupakan batas maksimal penggantian. Jadi, tergantung dari pemakaian dan ada anjuran penggantian terbaik. "Meski batas pemakaiannya bisa mencapai 20 ribu kilometer, tapi tergantung dari pemakaiannya. Penggantian terbaik dianjurkan pada 12 ribu kilometer," ucap Yoshua.

V-belt di Motor Matic

Lalu, bagaimana jika motornya jarang dipakai, apakah harus mengikuti kilometer juga?

   Baca Juga: Tips Merawat Helm Doff, Dianjurkan Lakukan Coating

Yoshua menjelaskan v-belt terbuat dari karet dan tentunya punya batas usia pakai, meski motor jarang digunakan. "Karet sifatnya akan retak atau getas jika dibiarkan terlalu lama. Untuk usia maksimalnya kalau motor jarang dipakai itu bisa sampai 5 tahun," jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.