Suka Perjalanan Jauh? Sebaiknya Tambahkan Aditif pada Oli Mesin Motor

Suka Perjalanan Jauh? Sebaiknya Tambahkan Aditif pada Oli Mesin Motor
Senin, 27 Februari 2023 15:00
Benny Averdi

Saat ini, banyak pebengkel yang menyarankan untuk menggunakan oli berkualitas dan tak perlu menggunakan aditif. Namun, pernyataan itu tak sepenuhnya benar, terutama ketika mesin mendapat beban kerja yang cukup berat.

"Seperti ketika digunakan turing jauh ratusan kilometer, misalnya. Dipastikan menggunakan aditif pada oli mesin," terang Pudjijanto Sutjipto, Vice President Bardahl Indonesia saat coaching clinic mengenai oli di kawasan Serpong, Tangerang Selatan beberapa waktu lalu.

Menurut penggemar turing motor itu, beban kerja mesin akan berbeda jika dibandingkan dengan kegiatan sehari-hari. Mesin motor berputar lebih lama dengan variasi jalan yang lebih beragam. Ada tanjakan yang membutuhkan daya yang besar, begitu pun jalan menurun. Bukannya otomatis lebih ringan, tetapi tak jarang saat jalan menurun pengendara melakukan engine brake, yang tentu akan membebani mesin juga. "Rata-rata putaran motor di kisaran menengah dan atas," lanjutnya.

   Baca Juga: GALERI: ECGO 3, Motor Listrik dengan Jarak Tempuh 160 Km

Pudji menyatakan memang kualitas oli mesin saat ini sudah baik. Tetapi ketika ditambahkan dengan aditif, kebutuhan mesin akan lebih terpenuhi. Ia pun menyarankan saat memilih aditif pun harus cermat. Gunakan produk yang sudah terbukti dan memiliki reputasi baik.

"Tanpa bermaksud promosi, saya menerangkan produk yang sudah memiliki kualitas dan reputasinya baik, bahkan terkenal dengan No Oil Engine Run," ungkap Pudjijanto.

   Baca Juga: Posisi Tangki di Bawah, Yamaha Grand Filano Aman Lewati Banjir?

Lelaki yang berkecimpung di berbagai perusahaan pelumas selama lebih dari 20 tahun itu mengatakan setelah diberikan aditif, terbukti ketika dalam percobaan yang ekstrem, dengan menguras oli yang ada, kendaraannya masih bisa digunakan dengan jarak yang jauh.

"Malah ada genset yang macet karena pemakaian yang terlalu lama, hanya dengan menambahkan aditif langsung bisa menyala lagi," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.