Tak Sulit, Begini Cara Bedakan Oli Asli dan Palsu

Tak Sulit, Begini Cara Bedakan Oli Asli dan Palsu
Kamis, 5 Januari 2023 17:30
Afrizal Abdul Rahman

Dalam merawat motor tentu setiap orang ingin memberikan yang terbaik. Namun, terkadang ada oknum yang memanipulasi, termasuk komponen penting yaitu oli mesin motor. 

Ternyata untuk membedakan oli mesin asli dan palsu tergolong mudah. Lantas, apa saja? Berikut tips yang dapat Anda lakukan agar tak terkecoh dengan oli palsu. 

"Pertama itu tingkat kekentalan oli. Biasanya oli palsu itu lebih encer dan yang asli itu lebih kental," kata Budiman, Service Advisor Yamaha Harapan Motor Beji, Depok, Jawa Barat kepada OtoRider baru-baru ini.

   Baca Juga: Jangan Dianggap Sepele! Ini Tanda Oli Mesin Motor Sudah Habis

Budiman mengatakan untuk membedakan oli palsu dan asli bisa juga dari kemasan oli tersebut, terutama dari label yang tertera. "Kedua itu bisa dari label, dimana oli asli itu pasti ada barcode yang tertera di kemasan. Itu yang membedakan," tambahnya.

Ganti oli mesin

Tak hanya itu saja, membedakan oli palsu pun bisa dilihat secara kasat mata, khususnya pada bagian tutup botol. Budiman mengatakan terdapat perbedaan yang signifikan.

   Baca Juga: Januari 2023, Simak Harga Terbaru Kawasaki W175 Series!

"Ketiga, dari tutup kemasan oli, yang asli itu sekarang tutupnya tidak bisa diputar, tapi harus ditekan dengan benda biar membuat lubang agar bisa keluar olinya," ujarnya. 

Untuk itu, ia menyarankan ketika mengganti oli motor wajib merusak kemasan guna menghindari kecurangan.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.