Tren Modifikasi Skuter Matik, Dari Proper ke Kalcer

Kamis, 5 September 2024 11:00
Ilham Pratama

Dunia modifikasi motor terus berkembang, dari masa ke masa ada saja tren yang berkembang. Tiap era punya ciri khas masing-masing yang menarik.

Tren Modifikasi Skuter Matik, Dari Proper ke Kalcer

OTORIDER - Dunia modifikasi motor dari masa ke masa terus berkembang. Tiap era punya ciri khas masing-masing yang menarik.

Misalnya sebelum pandemi Covid, tren motor custom tengah merebak di Indonesia. Berbagai event dan bengkel custom mudah ditemui. Basis modifikasinya rata-rata motor sport bermesin pendingin udara seperti Honda Tiger dan Mega Pro atau Yamaha Byson dan Scorpio.

Tren pun beralih pasca pandemi. Modifikasi motor khususnya jenis skuter matik dipilih karena lebih praktis dan masih bisa diandalkan untuk harian.

Salah satu aliran modifikasi skuter matik yang berkembang adalah proper. Modifikasi ini bakal jamak terlihat di kegiatan seperti Sunmori (Sunday Morning Ride) atau night ride.

Dari tampilan luarnya, ubahan terasa minimalis dengan adopsi bodi eye catching, pelek aftermarket atau dicat ulang, dan aksesori plug and play. Bukan hanya itu, tak sedikit juga penganut modifikasi proper yang meng-upgrade performa motor lewat sentuhan di bagian CVT hingga bore up.

"Modifikasi ini enak dilihat dan masih terbilang aman buat harian, karena tak memakai ban cacing. Lalu peranti pengereman pun biasanya ikutan kena upgrade agar sesuai dengan tampilan dan performa motor," papar Hanif, pemilik Honda Vario yang ikutan tren proper.

Tak hanya proper, ada pula modifikasi yang tengah menjamur di Indonesia saat ini. Julukannya 'kalcer' yang populer lewat sosial media.

Sejatinya tren modifikasi kalcer berawal dari modifikasi Vespa yang merembet ke beberapa skuter matik pabrikan lain, bahkan untuk model yang sudah discontinue. Konsepnya mengarah ke tampilan unik dengan penggunaan aksesori custom, namun tidak mengubah bentuknya secara signifikan.

Misalnya modifikasi yang dilakukan oleh Khemal pada Honda Spacy Cub yang viral beberapa waktu lalu. Konsepnya unik dengan kombinasi pelek 12 inci dan warna bodi ceria.

Kemudian, gaya ini juga diadopsi banyak pengguna motor matik lawas lain. Semisal Kymco dan Piaggio Fly yang digarap oleh Rainbow Motobuilder. Hasil garapannya banyak ditampilkan di ajang Parjo 2024 beberapa waktu lalu.

Bahkan, pabrikan seperti Yamaha Indonesia juga menghadirkan ajang modifikasi Yamaha Fazzio Modifest yang banyak diisi modif bertema kalcer.

“Selain jadi pilihan untuk alat transportasi, salah satu line-up Classy Yamaha yaitu Fazzio kini sudah menjadi gaya hidup anak muda. Banyak dari mereka juga melakukan personalisasi atau modifikasi terhadap unit Fazzio miliknya tersebut,” tutur Andreas Tjahyadi, Chief Yamaha DDS 1 Jabodetabek. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.