Upgrade Pengereman Bonus Gaya di Honda Stylo 160 CBS 2024

Selasa, 15 Oktober 2024 11:15
Ilham Pratama

Dengan tampilan retro modern khas selera anak muda masa kini, sosok Honda Stylo terbilang mudah dimodifikasi. Termasuk di pengeremannya.

Upgrade Pengereman Bonus Gaya di Honda Stylo 160 CBS 2024 Upgrade Rem Honda Stylo/Foto: Rangga

OTORIDER - Dengan tampilan retro modern khas selera anak muda masa kini, sosok Honda Stylo 160 terbilang mudah dimodifikasi. Mulai dari segi eksterior hingga ke aksesori lainnya.

Apalagi untuk sumber penggeraknya, Honda Stylo 160 sudah dilengkapi dengan mesin 160 cc berteknologi eSP+ (Enhanced Smart Power Plus) sehingga menawarkan tenaga besar, tetapi juga efisiensi bahan bakar yang optimal.

Dalam kondisi standar pun, tenaga yang dihasilkan oleh mesin Stylo 160 mencapai sekitar 15,5 PS, dengan torsi maksimal sekitar 14,7 Nm.

Potensi tenaga besar ini cocoknya dikawal rem cakram di kedua roda. Tapi kombinasi rem cakram itu hanya ada di tipe ABS, atau yang tertinggi. Untuk tipe CBS masih memakai rem cakram di depan dan tromol di belakang.

Untuk itu, Anda bisa melakukan upgrade sistem pengereman. Diantaranya dengan memasang komponen rem aftermarket dengan kaliper berpiston besar.

Bagian ini juga yang coba diubah oleh Rangga, pemilik Honda Stylo 160 CBS 2024. "Ubahannya mulai dari kaliper, selang, cakram hingga ke braket. Semua sistem pengereman di bagian depan," ucapnya.

Rem
Upgrade Rem Honda Stylo 160

Nah, dalam upgrade ini, Rangga mengandalkan kaliper rem aftermarket merek Formula dari Thailand yang banderolnya Rp 550 ribu. "Tipenya empat piston, jadi lebih pakem. Model ini lebih bagus ketimbang barang bermerek tapi KW," ucapnya.

Penggantian selanjutnya ada di komponen cakram dengan merek MuFac yang banderolnya Rp 250 ribu. Diameternya naik sedikit dari standar, yakni 220 mm karena jika memakai tipe besar seperti 260 atau 300 mm terlalu besar di pelek 12 inci standar Honda Stylo.

Kemudian, penggunaan braket kaliper pun dibutuhkan agar posisinya pas dengan cakram dan sokbreker depan. Untuk komponen ini Rangga memilih braket custom seharga Rp 200 ribu.

Tak ketinggalan, selang rem braided berbahan stainless steel dari SC Siam juga diusungnya agar modifikasi pengereman makin paripurna. Selang rem ini banderolnya Rp 190 ribu.

Untuk pengerjaannya, Rangga dibantu oleh bengkel Chio Project Bogor yang beralamat di Jl. Nanas Raya No 19 Bantar Kemang, Bogor Timur. Rapih nih. Jadi ada yang mau ikutan? (*)
 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Ikuti Channel kami pada tombol dibawah ini.
WhatsApp Channel
Telegram Channel
Google News
Bagikan  

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.