Masukan kata kunci yang ingin Anda cari pada kotak diatas.

Tentang Kami
Disclaimer Hubungi Kami Info Iklan Karir Peraturan Media Siber Redaksi Tentang Otorider Privacy Policy
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
redaksi@otorider.com (Redaksi)
marketing@otorider.com (Marketing)
Member of :
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.

Kenali Tiga Penyebab ABS Yamaha NMax Rusak, Bisa Bikin Boncos

Selasa, 15 Oktober 2024
Ilham Pratama

Seiring penggunaan, tak sedikit pengguna Yamaha NMax yang mengalami kerusakan ABS, terutama di peranti modulnya. Ada tiga penyebab utamanya. Apa saja?

Rem ABS NMax/Foto: Ilham

OTORIDER - Skuter gambot Yamaha NMax sejak generasi pertama yang lahir di tahun 2015 sudah ada yang dibekali opsi rem ABS. Tapi seiring penggunaan, tak sedikit pengguna Yamaha NMax yang mengalami kerusakan ABS, terutama di peranti modulnya.

Seperti Yamaha New NMax yang ditemui di bengkel Zona Speed, Jl. Raya Hankam, Jatimelati, Bekasi pekan ini. 

"New NMax datang dengan keluhan spidometer tak jalan dan brebet saat kecepatan 60 km/jam dan indikator ABS menyala terus," ucap Ariyanto, punggawa bengkel Zona Speed.

"Modul ABS rusak biasanya disebabkan sil yang bocor. Sehingga minyak rem membasahi komponen elektronik modul ABS yang kemudian membuat konslet komponen kelistrikan tersebut," jelas Ariyanto.

Modul ABS Nmax

1. Jarang Ganti Minyak Rem

Soal rembesnya minyak rem ke modul ABS tersebut dikatakan Ari ada tiga penyebab. Faktor pertama, biasanya karena pengguna tidak rutin ganti minyak rem. Padahal, di motor ABS, usia pakai minyak rem bisa lebih singkat. 

"Untuk minyak rem disarankan ganti maksimal 10.000 km," wantinya. Periode penggantian ini lebih cepat ketimbang tipe non ABS yang masih bisa dipakai hingga 15.000-20.000 km.

2. Kelebihan Isi Minyak Rem

Penyebab kerusakan modul ABS kedua, kata Ari akibat kelebihan mengisi minyak rem. Biasanya pengguna menambah minyak rem ketika penggantian kampas rem.

Jika volume minyak rem di tabung terlalu banyak, akan terjadi tekanan berlebih di sil modul ABS. Sehingga bagian sil akan cepat lemah dan bocor.

3. Tak Pakai Master Rem yang Pas

Sedangkan penyebab kerusakan ketiga adalaj penggunaan master rem yang tidak pas. Misalnya untuk mengejar gaya pengguna memakai master rem yang diameternya 16mm atau lebih tanpa melakukan pergantian kaliper.

Kaliper yang standarnya dua piston tapi dipakaikan master rem dengan ukuran sil besar, maka ketika menekan tuas rem akan melebihi tekanan ukuran standarnya. Ini bisa membuat sil modul ABS jebol juga.

Solusi Modul ABS Rusak

Sayangnya, menurut Ari solusi kerusakan modul ABS ini biasanya hanya bisa dengan mengganti dengan komponen baru. Ini artinya Anda harus merogoh kocek hingga Rp 5,5 juta untuk modul ABS tersebut.

"Memang ada beberapa bengkel yang bisa servis modul ABS, tapi itu tergantung kondisi modulnya. Kalau sudah parah kerusakannya, tetap ganti baru," pungkasnya.

Jadi, jangan anggap remeh ya. (*) 

Tag
Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Ikuti Channel kami pada tombol dibawah ini.

Trending

#1

Harga Masih Mahal, Motor Listrik Honda Belum Dapat Subsidi

#2

FOTO: Honda CUV e:, Motor Listik Honda Paling Kencang

#3

FOTO: Honda ICON e: Motor Listrik untuk Urban Lifestyle

#4

Catat 14 Pelanggaran yang Jadi Fokus Operasi Zebra 2024

#5

Marc Marquez: Saatnya Istirahat dan Isi Ulang Tenaga

Terbaru

Motor Listrik | 28 menit yang lalu

Intip Tiga Tipe Motor Listrik Sunra, Mulai Rp 14 Jutaan

Dalam memulai penetrasi ke pasar motor listrik Indonesia, Sunra mengandalkan tiga model dengan tujuh varian. Hal ini untuk menjangkau segmen lebih luas.

Komunitas | 20 jam yang lalu

Jelang IMOS 2024, Ratusan Bikers Riuhkan Jamboride

Ajang riding bareng bertajuk Jamboride jadi salah satu rangkaian menyambut pameran Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2024 akan berlangsung akhir bulan ini.

Motor Listrik | 20 jam yang lalu

Honda Berkomitmen Produksi Motor Listrik Hingga 2030

Dengan komitmen untuk terus memproduksi sepeda motor listrik hingga 2030, Honda menunjukkan dedikasinya untuk mendukung lingkungan yang lebih bersih.

Tips & Modifikasi | 20 jam yang lalu

Jangan Asal Pencet Tombol Klakson di Sepeda Motor Anda!

Penggunaan klakson pada sepeda motor adalah bagian penting dari etika berkendara, penggunaannya yang tidak bijak dapat menyebabkan masalah di jalan.

Berita | 1 hari yang lalu

Kata Stylo Club Surabaya Soal Daihatsu Kumpul Sahabat

Stylo Club Surabaya menjadi salah satu dari 10 komunitas motor Honda yang hadir di gelaran Daihatsu Kumpul Sahabat Sidoarjo. Bagaimana harapan mereka?

Beranda Trending Motor Listrik