Harga Skuter Listrik ini Tembus 94 Jutaan! Apa yang Bikin Mahal?

Harga Skuter Listrik ini Tembus 94 Jutaan! Apa yang Bikin Mahal?
Kamis, 14 November 2019 13:00
Danu P Dirgantoro

Sebuah skuter listrik terbaru resmi meluncur di daratan Inggris alias United Kingdom (UK). Produk berlabel Zapp i300 itu punya tampilan yang futuristik sekaligus sarat teknologi tinggi.

Maka dari itulah skuter listrik ini punya daya tarik tersendiri. Dan yang paling menyita perhatian kami adalah banderol yang dimiliki motor ramah lingkungan nan canggih ini.

Dikutip dari Paultan (14/11), Zapp melabeli produknya ini dengan harga mencapai Rp 5,250 pounds sterling. Jika dikonversi ke Rupiah maka menjadi sekitar Rp 94 jutaan!

Zapp i300 2019 motor listrik skuter

 

Memang apa istimewanya Zapp i300 ini hingga begitu selangit harganya untuk ukuran sebuah skuter listrik? Ternyata mulai dari fitur, tenaga hingga material yang dimilikinya merupakan disebut-sebut punya kelas wahid.

Sebagai unit penggerak, Zapp menggunakan jenis permanent magnet electric motor berdaya 14 kW. Dengan kata lain, mesin listrik ini mampu merilis tenaga sampai 19 dk dan torsi maksimum yang buas, yakni 587 Nm!  

Zapp i300 2019 motor listrik skuter

Mesin tersebut duduk manis di rangka berbahan cukup eksotis, yakni aluminium yang mengadopsi dari standar pesawat terbang. Tak pelak bobot motor unik ini menjadi sangat ringan. Berat totalnya hanya 90 kilogram.

Salah satu material mahal lainnya yang hinggap di skuter listrik ini ada di bagian transfer daya. Untuk belt sebagai penyalur daya dari mesin ke roda belakang, Zipp mengusung bahan carbon fibre.

Zapp i300 2019 motor listrik skuter

 

Beberapa komponen keren lainnya adalah disc brake depan model floating yang dicengkram kaliper 4 piston, disc brake belakang dengan ABS 2 channel, sok depan upside down dengan pengaturan preload, monoshock dengan pushroad actuation, single-side swingarm dan panel instrument yang pakai LCD resolusi tinggi.

Zapp bahkan mengklaim bahwa produknya ini telah dites tingkat aerodinamikanya hingga punya efisiensi yang baik untuk digunakan di perkotaan. Pada mode ECO, Zipp menyebut produknya ini mampu menjelajah sampai 690 kilometer dari baterai lithium-ion 1,25 kWh yang berjumlah 2 buah. 

Sayangnya hingga berita ini disusun belum ada tanda-tandanya Zapp i300 mengaspal di Indonesia.

Zapp i300 2019 motor listrik skuter

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.