Tim Ducati MotoGP, Spesialis Pengumpul Rider Juara Yang Minim Gelar!

Tim Ducati MotoGP, Spesialis Pengumpul Rider Juara Yang Minim Gelar!
Rabu, 20 April 2016 09:25
Ilham Pratama

Awal pekan ini tim balap Ducati MotoGP tengah jadi sorotan dengan pengumumannya merekrut juara dunia MotoGP 2015, Jorge Lorenzo.

Pasalnya, meski baru turun di ajang MotoGP sejak tahun 2003, sebenarnya tim yang identik dengan warna merah ini seolah hobi mengumpulkan juara-juara dunia. Yang sayangnya, justru kurang bertaji.

Tak percaya? Coba flashback ke awal di mana tim Ducati dikawal juara dunia GP 125 dan GP 250 Loris Capirossi dan jawara WSBK Troy Bayliss. Memang, di tahun 2003 sempat buat kejutan dengan menjadi runner up di kategori pabrikan. Tapi, belum mencetak juara dunia.

Rider lain silih berganti masuk, mulai dari Carlos Checa atau Sete Gibernau belum mencetak hasil berarti. Hingga akhirnya, Casey Stoner, rider buangan dari tim satelit, LCR Honda masuk dan langsung jadi juara MotoGP di 2007. Hingga saat ini, baru Stoner yang jadi juara di atas Ducati Desmosedici.

Selepas itu, juara GP 250 musim 2002, Marco Melandri masuk menggantikan Capirossi. Hasilnya, sangat mengecewakan. Posisi Melandri hanya setahun dan musim 2009 digantikan Nicky Hayden, juara MotoGP 2006. Ducati masih belum menggenggam gelar juara.

Hal ini seolah jadi tantangan bagi Valentino Rossi, juara dunia sembilan kali yang juga sudah gerah dengan kehadiran Jorge Lorenzo di Yamaha. Hasilnya, hingga 2012, Rossi tak lagi bertaji.

Di musim 2014, Ducati MotoGP dihuni dua juara dari kompetisi berbeda. Yakni Andrea Dovizioso, juara GP125 tahun 2004 dan Cal Crutchlow, jawara World Supersport 2009. Lagi-lagi tak ada gelar yang diraih.

Sedangkan kini, Ducati MotoGP dikawal Dovizioso yang berduet dengan Andrea Iannone. Hasilnya sudah cukup baik ketimbang musim setelah kepergian Stoner di 2011 silam.

Lalu, akankah masuknya Lorenzo musim depan akan membawa perubahan signifikan? Atau Lorenzo, akan bernasib seperti para juara sebelumnya yang tak pernah sukses bersama Ducati? Kita nantikan saja. (otorider.com)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.