Tips Kampas Ganda Biar Tak Cepat Gosong

Tips Kampas Ganda Biar Tak Cepat Gosong
Jumat, 10 Januari 2020 08:00
Thio Pahlevi

Komponen penting yang ada di motor bertransmisi otomatis alias matik adalah CVT (Continuously Variable Transmission). Di dalam CVT, salah satu yang perlu menjadi perhatian yaitu kampas ganda serta mangkoknya. 

Seringkali, cara berkendara serta penggunaan yang salah bisa menyebabkan kampas ganda dan mangkoknya terbakar hingga gosong. Lalu, bagaimana cara merawatnya agar usia pakai komponen tersebut menjadi lebih awet?

   Baca Juga: Shockbreaker Ohlins Dikenal Mahal, Apa Istimewanya?

"Saya ada tips supaya kampas ganda itu tetap awet, bisa untuk yang standard maupun sudah ganti. Pertama, saat putaran mesin RPM bawah itu ikutin saja motornya, bukaan gasnya teratur. Nah kalau sudah di putaran atas, baru dikocok gasnya," kata Alvi Setiawan, Marketing and Retail Ultra Speed Racing pada OtoRider di kawasan Gading Serpong, Tangerang (8/1).

Kampas ganda Yamaha Nmax terbakar dan gosong

Alvi menambahkan, saat putaran mesin bawah, usahakan untuk tidak membuka gas secara menghentak. Sebaiknya, ikuti saja karakter motor terlebih dahulu. Nantinya, saat sudah memasuki putaran atas, bukaan gas baru bisa dimainkan.

   Baca Juga: Harga dan Spesifikasi Shock Breaker Ohlins untuk Yamaha NMax 155

Tak hanya bukaan gas yang teratur, penggunaan rem juga perlu diperhatikan. Kesalahan umumnya ditemukan pada pengendara yang seringkali menahan rem saat kondisi gas dalam keadaan terbuka.

"Penggunaan rem juga pengaruh. Kalau terlalu banyak main rem belakang, si kampas itu kan tetap berputar, gasnya terbuka, sementara remnya ketahan. Itu yang bikin cepat habis dan gosong," jelas Alvi.

Kampas ganda dan mangkok kopling Yamaha NMax ultra speed racing

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.