Komunitas Vespa Keluhkan Sulitnya Ketersediaan Spare Part

Komunitas Vespa Keluhkan Sulitnya Ketersediaan Spare Part
Senin, 4 November 2019 10:00
Brian

Setiap industri sepeda motor, tentunya tidak hanya memikirkan soal produk sepeda motornya saja. Tetapi industri juga harus memikirkan soal siklus kehidupan motor tersebut. Seperti kebutuhan atau layanan aftersales, seperti service dan ketersediaan sparepart.

Hal ini yang sedang dikeluhkan oleh para pengguna Vespa GTS dari Komunitas General Team Vespa Society (GTVS). Gunawan Wijaya selaku Ketua Komunitas GTVS mengatakan soal ketersediaan suku cadang yang sulit didapatkan. Dirinya berharap sebagai konsumen untuk dimudahkan dalam mendapatkan sparepart.

   Baca Juga: Harganya RP 150 Jutaan, Vespa GTS Supertech 300 Banyak Diminati?

"Masukan dari kami pengguna Vespa, terutama matic itu soal suku cadang saja sih. Suku cadang itu kalau bisa ketersediaannya lebih mudah lah," ujar Gunawan di Tangerang, Minggu (3/11).

Menurutnya saat ini, banyak teman-temannya yang juga kesulitan dalam mencari sparepart. Sehingga memaksa para pengguna Vespa matic ini untuk mencari barang-barang dari aftermarket. Sehingga dirinya mengusulkan sebisa mungkin PT Piaggio Indonesia menyiapkan suku cadang di tiap-tiap bengkel.

Vespa Dealer Open Day

 

"Jadi kami usulannya, suku cadang harus siap lah. Ya memang bisa inden, tetapi kadang itu agak lama. Yang ditunggu itu sebenarnya yang kecil, seperti engine mounting. Kerusakannya memang tidak dapat diprediksi, tetapi ketika kami butuh itu dari Piaggio tidak ada," ujarnya.

Hal itu tentunya cukup mengganggu para pengguna skuter matic dari Italia ini. Terutama bagi mereka yang menggunakan motor tersebut sebagai tunggangan harian. Ketika rusak dan tidak terdapat sparepart, tentunya membuat motor kesayangan tidak bisa digunakan.

   Baca Juga: Ternyata Vespa GTS Super Tech 300 Bukan Untuk Sembarang Orang, Ini Kriterianya

"Itu cukup mengganggu lah, artinya kami tidak bisa pakai. Nunggunya pun tidak bisa diprediksi, kadang bisa 3 minggu atau empat minggu. Mereka juga engga bisa kasih estimasi waktu," lanjutnya.

Namun Gunawan mengatakan, kalau persoalan sparepart fast moving memang selalu tersedia di bengkel. Komponen fast moving yang sering tersedia antara lainnya adalah oli, komponen CVT, dan kampas rem.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.