First Ride: Motor Bebek Rp 10 Jutaan Viar Star NX

First Ride: Motor Bebek Rp 10 Jutaan Viar Star NX

Motor bebek Star NX beberapa waktu lalu diluncurkan secara resmi oleh Viar Motor Indonesia. Motor ini memiliki keunikan yang sangat menarik, yakni harga banderolnya yang berada di kisaran Rp 10 jutaan. OtoRider pun berkesempatan untuk menjajal motor bebek buatan pabrik Semarang itu.

Impresi pertama duduk di sadel Viar Star NX adalah, kulit jok yang terasa cukup licin. Selain itu, berkendara dengan motor bebek yang satu ini sangat sulit untuk menemukan posisi ergonomis. Dengan tinggi badan lebih kurangnya 170 cm, pengendara merasa garis batas pada jok kurang tepat.

Dengan tinggi badan tersebut, tidak menemukan kesulitan untuk menapakkan kaki dari sadel Viar Star NX. Motor ini meskipun memiliki bodi yang cukup lebar, tetapi kaki masih dengan mudah untuk menjangkau tanah. Sehingga memberikan pengendalian yang sangat baik ketika melintasi di kemacetan.

Panning Viar Star NX

 

Setelah dinyalakan, mesin 100 cc dari Viar Star NX terdengar cukup halus dan tenaga terasa cukup padat saat gas dipelintir. Posisi setang pun terasa normal, layaknya mengendalikan motor bebek lainnya. Suara knalpot pun terasa cukup bulat, mungkin karena bentuk peredam di belakang yang sangat panjang. 

   Baca Juga: Terungkap Nama Resmi Motor Cruiser Keeway 250 cc V-Twin

Memasuki percepatan pertama, tenaga dari Viar Star NX terasa sangat padat dengan putaran mesin yang sangat halus. Berpindah ke percepatan kedua, nafas dari motor ini terasa sangat panjang peningkatan tenaga juga terasa halus dan linear. Dari pengetesan, percepatan kedua dapat digunakan hingga kecepatan 50 km/jam.

Panning Viar Star NX

 

Sayangnya selama pengetesan, Viar Star NX hanya mampu meraih keceptan tertingginya di 80 km/jam saja. Di atas kecepatan tersebut, terasa tenaga mesin sangat mengambang terutama putaran tinggi. Wajar saja hal ini terjadi mengingat motor ini hanya memiliki kubikasi mesin 100 cc.

   Baca Juga: Kawasaki Ninja ZX-25R Resmi Meluncur di Jepang, Lebih Mahal Rp 24 Juta!

Perihal suspensi, layaknya motor bebek pada umumnya Viar Star NX memiliki suspensi yang terbilang tidak terlalu empuk dan juga tidak terlalu keras. Peredaman suspensi terasa cukup baik ketika melewati polisi tidur. Digunakan saat tikungan panjang pun suspensi masih terasa cukup anteng dan mudah dikendalikan.

Kesimpulan

Viar Star NX dapat menjadi pilihan Anda yang sedang mencari kendaraan alternatif dengan harga terjangkau. Secara performa, motor ini sangat menjanjikan untuk kendaraan di kelasnya. Secara konsumsi bahan bakar pun motor ini terbilang cukup irit.

Kelebihan

1. Harga banderol terjangkau
2. Konsumsi BBM irit
3. Performa menjanjikan

Kekurangan

1. Putaran atas terasa ksong
2. Minim ketersediaan sparepart
3. Posisi berkendara kurang ergonomis

Detail Spesifikasi Viar Star NX

Panjang x Lebar x Tinggi: 1890 x 700 x 1250 mm
Jarak Sumbu Roda: 1240 mm
Jarak Terendah ke Tanah: 14 mm
Tipe Rangka: Underbone

Suspensi depan: teleskopik
Suspensi belakang: Lengan ayun dengan shockbreaker ganda
Ukuran ban depan: 2.50 - 17
Ukuran ban belakang: 2.75 - 17
Rem Depan: Disc Brake
Rem Belakang: Tromol
Kapasitas Bahan Bakar: 3,7 liter

Tipe Mesin: 4 langkah, SOHC, Pendingin udara
Kapasitas: 100 cc
Kopling: Kopling ganda pada poros engkol sentrifugal
Transmisi: Manual
Starter: Pedal dan Elektrik
Aki: 12V - 5A

 

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id