Honda Africa Twin Kena Recall Kerusakan Filter di Amerika Serikat

Honda Africa Twin Kena Recall Kerusakan Filter di Amerika Serikat

Honda Motor Amerika Serikat mengeluarkan penarikan kembali terhadap motor petualangnya yakni Africa Twin. Dikabarkan motor ini ditarik kembali karena terdapat masalah dengan tangki bahan bakar yang menyumbat filter. Terdapat ribuan unit yang ditarik kembali di negeri paman sam tersebut.

Dilansir dari RideApart, berdasarkan dokumen Administrasi Keselamatan Lalu Lintas di Amerika Serikat, terdapat 2.690 unit motor. Kerusakan juga terjadi pada model terdahulu yakni 2018-2019 Honda CRF1000L Africa Twin. Model terbaru pun ikut ditarik kembali yakni 2020 Honda CRF1100L Africa Twin.

   Baca Juga: Aprila SXR 160 Meluncur di India, Siap Tantang NMax dan PCX

Honda menjelaskan, partikel seng oksida selama proses pengelasan tangki dapat mencemari bahan bakar dan menumpuk di filter bahan bakar. Akumulasi partikel pada akhirnya menyumbat atau membatasi pasokan bahan bakar ke mesin. Jika hal ini dibiarkan terjadi, maka mesin dapat benar-benar mati bahkan saat digunakan.

Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports

 

Dalam hal terburuk, mesin bisa saja mati ketika tengah digunakan oleh konsumen. Sehingga dapat membahayakan, bahkan berpotensi menyebabkan kecelakaan hingga cedera. Beruntungnya sejauh ini tidak terdapat laporan kecelakaan dikarenakan hal ini.

   Baca Juga: Kaleidoskop: Daftar Motor Viral yang Muncul di Tahun 2020

Pihak Honda di Amerika puntelah mengeluarkan surat dan nomor penarikan kembali. Laporan menyebutkan, layanan ke konsumen akan dimulai pada 15 Februari 2021. Dealer akan menguras dan membersihkan tangki bahan bakar dan mengganti rakitan filter secara gratis.

Sebagai tambahan informasi, Honda CRF1000L Africa Twin dan CRF1100L Africa Twin merupakan motor yang dipasarkan secara global. Indonesia sendiri telah mendapatkan produk terbaru motor petualang itu sejak pertengahan 2020. Namun belum diketahui apakah masalah tersebut juga turut terjadi di tanah air.

 

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id