Semakin Meresahkan, Balap Liar Hanya untuk Orang Cari Sensasi

Semakin Meresahkan, Balap Liar Hanya untuk Orang Cari Sensasi
Sabtu, 10 Juli 2021 10:40
Brian

Balap liar kembali menjadi perbincangan hangat di dunia otomotif Indonesia. Baru-baru ini viral balap liar yang berlangsung di Jl TB Simatupang, Fatmawati, Jakarta Selatan. Viralnya kejadian itu lantaran diwarnai kericuhan dan berakhir dengan pengeroyokan petugas kepolisian.

Jusri Pulubuhu selaku Instruktur dan Founder Jakarta Defensive Driving Consultant berbicara mengenai faktor psikologis para pembalap liar. Menurutnya para pembalap liar ini banyak berada pada kelompok muda antara 15-29 tahun. Biasanya kelompok-kelompok ini banyak yang sedang mencari tantangan dan sensasi.

Balap Liar TB Simatupang

"Sensasinya antara lain ngebut atau melakukan sesuatu diluar ambang batas normal, itu membuat mereka segar, membuat mereka diakui. Bahkan kadang-kadang mereka naik motor bebek seolah-olah ada di motor balap," ujar Jusri kepada OtoRider beberapa waktu lalu.

   Baca Juga: Viral Pelaku Balap Liar Nekat Keroyok Anggota Polisi

Menurut Jusri pelaku balap liar ini tidak sadar bahwa kegiatan yang dilakukannya berbahaya. Mereka condong menganggap hal sehari-hari terasa seperti sebuah ajang balap. Jusri pun mencontohkannya dengan pemotor yang sedang menunggu Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas.

Balap Liar di Serpong

"Mereka akan menggebu-gebu saat di lampu merah, mereka menganggap lampu merah adalah garis start. Siapa yang duluan beberapa meter itu akan timbul kepuasan. Mereka justru kaan tertekan kalau membawa motor pelan atau tertib," pungkasnya.

   Baca Juga: Pelaku Balapan Liar Bisa Dikurung Penjara Hingga 1 Tahun!

"Jadi ini adalah thrill seeker atau pencari sensasi, orang-orang yag suka cari sensasi. Mereka suka sekali mendapatkan adrenalin, ketika adrenalin muncul itu biasanya diikuti oleh euphoria. Mereka suka melakukan batas-batas antara takut dan tidak, mereka suka sekali dipuji," lanjutnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.