Tiga Model Motor Yamaha Keluaran 2019-2020 Terkena Recall, Apa Penyebabnya?

Tiga Model Motor Yamaha Keluaran 2019-2020 Terkena Recall, Apa Penyebabnya?

 

Tiga model motor Yamaha keluaran 2019-2020 terkena recall atau penarikan kembali. Ketiga produk tersebut adalah Yamaha XMAX CZD300 2019-2020, MT-03 2020, dan YZF-R3 2019-2020. Kebijakan recall ini sendiri dikeluarkan oleh Yamaha Motor Corporation, Amerika Serikat (AS) karena masalah pelabelan VIN.

Berdasarkan dokumen yang diterbitkan oleh Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional atau National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), Yamaha memperkirakan lima persen dari 8.281 kendaraan yang terlibat dalam penarikan ini akan mempresentasikan masalah tersebut.

   Baca Juga: Tim KTM Rilis Livery Motor dan Pembalap Baru Hadapi MotoGP 2021

Yamaha AS, dilansir dari RideApart, menjelaskan mereka menerima laporan dari kantor pusat Yamaha bahwa selama perakitan, pekerja secara tidak  sengaja hanya mengonfirmasi beberapa karakter terakhir dari VIN, alih-alih mengonfirmasi 17 digit nomor lengkap saat menerapkan label sertifikasi kendaraan bermotor.

Yamaha YZF-R3 Livery MotoGP 2021

Hal ini disebutkan dapat mengakibatkan VIN pada label tidak sesuai dengan VIN yang tertera di rangka motor. Tentu saja ini bukan terkait masalah keamanan, tetapi ini adalah masalah yang diwajibkan hukum untuk ditangani oleh Yamaha.

   Baca Juga: Inspirasi Modifikasi All New Honda PCX 160, Simpel tapi Racing

Ketidakcocokan VIN sendiri dapat mengakibatkan masalah pendaftaran dan hukum bagi pemilik saat ini dan di masa mendatang. Yamaha pun telah menerapkan perubahan lini produksi untuk memeriksa tiga kali VIN selama perakitan dan mencegah masalah ini terjadi di masa mendatang.

Penarikan kembali nomor 990144 akan dimulai pada 16-17 Februari 2021. Nantinya, Yamaha akan menghubungi pemilik yang terpengaruh oleh penarikan ini melalui surat dan mengundang mereka untuk mengunjungi dealer Yamaha agar label sertifikasi kendaraan bermotor diverifikasi dan diganti jika perlu, tanpa mengeluarkan biaya.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id