Bisakah KTT G20 Jadi Momentum Bangkitnya Motor Listrik di Indonesia?

Bisakah KTT G20 Jadi Momentum Bangkitnya Motor Listrik di Indonesia?

 

Perhelatan KTT G20 di Bali menjadi ajang bagi produsen motor listrik untuk memperkenalkan era elektrifikasi di Indonesia. Berbagai jajaran motor listrik dipakai polisi serta delegasi selama perhelatan.

Beberapa motor listrik yang mendukung kelancaran jalannya KTT G20 di Bali di antaranya PCX Electric, Energica EsseEsse9+, Gesits, dan Alva One. Pada KTT G20 sendiri, lingkungan hidup merupakan isu global yang menjadi salah satu pembahasan.

Bersamaan dengan acara tersebut, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI menggelar Pameran Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (PKBLBB) 2022 di Bali. Pameran ini juga sebagai upaya transisi energi dalam menurunkan emisi karbon di Indonesia.

Pameran tersebut dinilai sebagai sarana bagi masyarakat untuk dapat merasakan inovasi produk dari berbagai jenama yang turut memeriahkan acara. Masyarakat dapat mencoba berbagai kendaraan listrik melalui program test ride dan test drive.

       Baca Juga: Honda Perkenalkan Motor Listrik EM1 e, Pertama untuk Pasar Eropa

Pameran Kendaraan Listrik Berbasis Baterai

Pengamat BUMN, Toto Pranoto dari Universitas Indonesia mengungkapkan perhelatan KTT G20 mendorong motor listrik di Indonesia naik ke level global.

"G20 tentu menjadi etalase bagus buat unjuk karya bangsa. Kendaraan listrik adalah kendaraan masa depan. Dengan demikian, kalau ada produksi domestik terkait EV bisa dipakai untuk keperluan G20 tentu akan bagus bagi promosi industri hilir kendaraan listrik produksi Indonesia," ujar Toto dalam keterangan resminya, Senin (14/11).

Lebih lanjut, ia menyampaikan performa motor listrik produksi BUMN selama KTT G20 dinilai cukup memuaskan, sehingga diharapkan respons pasar akan positif terhadap produksi motor listrik karya anak negeri tersebut. "Artinya selepas acara ini bisa jadi momentum menggarap pasar nasional," papar Toto.

     Baca Juga: Kawasaki Ninja EV Mejeng di EICMA 2022, Beredar Tahun Depan?

Sebanyak 20 unit sepeda motor listrik Gesits dipakai oleh polisi lalu-lintas Polda Bali. Motor ini nantinya digunakan untuk menunjang kegiatan pengamanan dan kendaraan mobilitas saat KTT G20 Bali.

"Dukungan tersebut merupakan bukti dari komitmen WIMA sebagai bagian dari WIKA Group dalam mendukung akselerasi mobilitas dan era elektrifikasi di Indonesia," kata Direktur Utama PT WIKA Industri Manufaktur, M. Samyarto.

 
 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id