Tahun 2021 Honda Catat Kenaikan Ekspor 36,1%, Vario Terbanyak!

Tahun 2021 Honda Catat Kenaikan Ekspor 36,1%, Vario Terbanyak!
Jumat, 21 Januari 2022 11:00
Brian

Menutup akhir tahun 2021, Astra Honda Motor (AHM) menorehkan catatan ekspor yang gemilang. Disebutkan jumlah ekspor Completely Build Up (CBU) ke luar negeri meningkat hingga 36,1% dibandingkan tahun lalu. Kira-kira model apa yang paling banyak di ekspor?

Berdasarkan catatan AHM, sebanyak 392.829 unit motor berhasil dikirim dalam bentuk CBU. Angka tersebut meningkat dari tahun lalu yang hanya berjumlah 288.543 unit. Angka tersebut juga berkontribusi sebanyak 49% dari total ekspor seluruh pabrikan motor yang tergabung di AISI.

Jika dilihat berdasarkan produk, segmen skutik menjadi kontributor ekspor terbesar yakni mencapai 92%. Tercatat 363.000 unit berasal dari segmen motor skutik. Sementara penyumbang terbanyak adalah Honda Vario 125 dan Honda Vario 150 dengan total ekspor sebanyak 299.616 unit, kemudian PCX 160 29.840 unit.

All New Honda Vario

Di segmen motor sport, Honda melakukan ekspor sebanyak 28.326 unit yang meningkat lebih dari 2 kali lipat dibandingkan 2020. Honda CRF150 dan CBR150 menjadi model yang paling banyak diminati dengan total ekspor mencapai 25.552 unit. Sementara di segmen bebek, AHM hanya mengekspor 1.503 unit di tahun lalu.

   Baca Juga: Perdana di Indonesia, Yamaha Fazzio Hybrid Connected Bisa Diekspor?

Kurniawati Slamet selaku General Manager Overseas Business Division AHM mengatakan Honda memiliki komitmen kuat untuk peningkatan ekspor. Berbagai upaya dilakukan perusahaan untuk mengirim produk rakitan anak bengsa ke luar negeri. Salah satunya dengan cara memperluas negara tujuan ekspor dan memperbesar volume melalui tambahan model sepeda motor yang diekspor.

Pabrik Honda Produksi PCX 160

“Pencapaian ekspor AHM sepanjang tahun 2021 semakin membuktikan bahwa kualitas sepeda motor produksi anak bangsa memiliki daya saing yang tinggi dan semakin diminati oleh pengguna sepeda motor di pasar luar negeri. Peningkatan ekspor sepeda motor Honda ini juga semakin meningkatkan kontribusi perusahaan terhadap perekonomian Indonesia. Semoga tren positif ini dapat terus berlanjut di tahun ini dan tahun-tahun berikutnya” ujar Kurniawati dalam keterangan tertulis.

   Baca Juga: Yamaha Fazzio Punya Blue Core Hybrid, Bakal Hadir di NMax dan Aerox?

Selain mengekspor sepeda motor dalam bentuk utuh (CBU), AHM juga mengirimkan sepeda motor secara terurai atau Completely Knock Down (CKD). Tahun lalu performa ekspor CKD Honda juga tumbuh signifikan dengan raihan total ekspor sebanyak 489.140 set atau meningkat sebesar 26%. Negara tujuan ekspor AHM baik secara CBU maupun CKD meliputi Filipina, Bangladesh, Thailand, Malaysia, Vietnam, Jepang, Kamboja, hingga Brazil.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.