4 Pembalap HRC Motoran di Indonesia, Siapa Mereka?

4 Pembalap HRC Motoran di Indonesia, Siapa Mereka? Riding Motul HRC di Jakarta.
Kamis, 30 November 2023 17:50
Thio Pahlevi

OTORIDER - Momen unik terjadi di jalanan Jakarta pada Rabu (29/11). Empat pembalap Honda Racing Corporation (HRC) dari ajang WSBK serta MXGP yakni Ruben Fernandez, Tim Gajser, Iker Lecuona, dan Xavi Vierge menjajal jalanan Ibu Kota bersama komunitas roda dua. Perjalanan ini dimulai dari Thamrin 10 Parking Lot menuju Senayan Park. Lantas, bagaimana profil keempat pembalap tersebut?

Iker Lecuona

Iker Lecuona adalah pembalap yang kini berlaga di ajang WSBK bersama Tim HRC. Ia menjalani musim luar biasa sebagai rookie pada 2022 dan berhasil meraih posisi enam besar. Di tahun tersebut, Lecuona mengamankan satu podium dan selalu bersaing di barisan pembalap 10 besar.

Lecuona juga sempat mengikuti Kejuaraan Eropa FIM CEV Moto2 pada usia 16 tahun sebelum naik ke Kejuaraan Dunia Moto2. Tak hanya itu, ia pernah pula mengikuti kejuaraan kelas utama MotoGP.

Xavi Vierge

Selanjutnya, Xavi Vierge merupakan runner-up Kejuaraan Eropa FIM CEV Moto2 dan tujuh kali pemenang balapan. Kemudian, beralih ke Kejuaraan Dunia Moto2 pada 2016. Setahun berselang, ia meraih podium pertamanya di Twin Ring Motegi serta tambahan dua podium lagi pada 2018.

Pada 2021, Xavi mengantongi satu podium di Barcelona, Spanyol. Di musim 2022, ia mengawali debutnya di WSBK bersama Tim HRC dan menjadi salah satu rider rookie terkuat.

Ruben Fernandez

Di kejuaraan motocross MXGP, Ruben Fernandez bergabung dengan tim MX2 Honda 114 Motorsports, tetapi mulai dari putaran 17 pindah ke kelas MXGP pada 2021. Tahun ini, ia melanjutkan karir di kelas MXGP dan berakhir di urutan kedelapan klasemen dengan dua kali finish posisi ketiga.

Sebelumnya, Fernandez finish ketiga secara keseluruhan dalam Kejuaraan Motocross Eropa EMX250. Pindah ke MX2 pada 2018, ia kembali ke EMX250 pada tahun berikutnya. Setelah beralih sepenuhnya ke MX2 pada 2020, ia finish kesembilan di tahun itu.

Tim Gajser

Terakhir, usai memenangkan gelar Juara Dunia Motocross di kelas MX2 (250cc) pada 2015, Tim Gajser bergabung ke kelas MXGP di tahun berikutnya dan memenangkan gelar juara sekaligus Rookie of the Year.

Tim Gajser pun dinobatkan sebagai Juara Dunia Motocross FIM MXGP 2022. Gajser bergabung dengan banyak atlet hebat lainnya sebagai Juara Dunia sebanyak lima kali. Ia sendiri mengamankan gelar keempatnya dalam kelas MXGP utama. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.