KTM Kembangkan Transmisi Semi-otomatik dan Rem Parkir untuk Seri 1290

KTM Kembangkan Transmisi Semi-otomatik dan Rem Parkir untuk Seri 1290
Kamis, 23 Februari 2023 16:00
Benny Averdi

Salah satu masalah yang kerap dialami pengguna motor besar adalah ketika parkir di permukaan yang agak menanjak. Saat mesin dimatikan dan posisi transmisi netral, maka motor bisa berpotensi meluncur. Karena itu, KTM membuat sistem yang menggunakan tuas berbentuk 'L' pada driven gear di transmisinya.

   Baca juga: DeRide Pasarkan Cardo PackTalk Neo di IIMS 2023, Intip Fitur dan Harganya

Untuk mengoperasikannya, sistem ini mengandalkan pemindah gigi untuk menggerakkan tuas tersebut. Sistem itu juga menggunakan kopling sentrifugal, yang membuat motor bisa didorong tanpa mengoperasikan kopling ketika parkirnya akan dipindahkan.

Tidak seperti pada sistem DCT pada Honda yang dioperasikan melalui tombol di setang, KTM kemungkinan besar akan membuat pedal transmisi juga bisa mengaktifkan rem parkir tersebut, seperti saat penunggang memindahkan gigi transmisi.

   Baca Juga: Kolaborasi dengan IMI Pusat, Pertamina Sajikan Ragam Keseruan di IIMS

Namun, seperti apa jadinya nanti? Tentu harus menunggu pengembangan sistem ini oleh perusahaan asal Austria itu. Jika sudah diterapkan, rem parkir ini akan sangat berguna bagi pengguna motor besar seperti KTM 1290.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.