Budi Luhur Klaim Motor Listrik Sport BL-SEV01 Setara Mesin 250 cc

Budi Luhur Klaim Motor Listrik Sport BL-SEV01 Setara Mesin 250 cc

Universitas Budi Luhur telah meluncurkan karya terbarunya dalam menghadirkan kendaraan listrik. Kali ini, motor listrik yang diperkenalkan memiliki gaya sport dengan nama Sport Electric Vehicle alias BL-SEV01. Karena memiliki genre sport, bagaimana dengan kemampuan motor ini melaju di jalan?

Sujono selaku Kepala Pusat Studi Kendaraan Listrik Universitas Budi Luhur mengatakan pihaknya belum melakukan tes secara maksimum. Dirinya pernah melakukan tes pada BL-SEV01 hingga 80 km/jam dengan menyisakan banyak tenaga yang tidak terpakai. Dirinya pun mengasumsikan dengan bobot, rasio gear, dan pengendara, motor ini mampu menempuh kecepatan 165 km/jam.

   Baca Juga: Scorpio Electric X Model, Skuter Listrik Bersuspensi Upside Down

"Simulasi di aplikasi dengan rasio gear 1:4, asumsi bobot rider sekitar 70-80 kg, dengan bobot motor sekitar 140 kg. Kemampuan top speed-nya bisa mencapai 150-165 km/jam," ujar Sujono dalam peluncuran motor listrik yang dilakukan secara daring.

Motor Listrik Universitas Budi Luhur BL-SEV01

Sujono menyebutkan secara torsi motor listrik sport BL-SEV01 memang cukup melimpah. Berdasarkan data spesifikasi, kapasitas motor ini mampu mencapai 10 kW secara rata-rata, namun ketika dipaksa bisa mencapai 16 kW. Sujono mengklaim, tenaga dan performa motor listrik ini setara dengan motor 250 cc.

   Baca Juga: Muncul Lagi, Spy Shot Suzuki Burgman Electric Lakukan Pengetesan Di Jalan

"Kalau disamakan dengan motor sekarang, mungkin bisa disamakan dengan motor 250 cc. Memang ini jadi tantangan kami untuk menguji secara tenaga, kemampuan, akselerasi, top speedendurance. Baterainya perlu dites, perlu sirkuit yang agak khusus," pungkas Sujono.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id