Konversi Motor Listrik Bakal Gratis, Pakai Sistem Swap Baterai

Konversi Motor Listrik Bakal Gratis, Pakai Sistem Swap Baterai
Jumat, 15 September 2023 12:00
Afrizal Abdul Rahman

OTORIDER - Program bantuan pemerintah untuk konversi motor listrik kabarnya akan ditambah dan bahkan bisa gratis. Tujuannya, untuk menumbuhkan minat masyarakat melakukan konversi motor listrik menggunakan sistem swap baterai. 

"Ada rencana kesana (pakai baterai swap) tapi bukan berarti menghilangkan baterai tanam untuk konversi motor listrik," kata Tenaga Ahli Menteri ESDM Bidang Ketenagalistrikan, Sripeni Inten Cahyani usai Rapat Anggota Aismoli & Focus Group Discussion di Jakarta.

   Baca Juga: Swap Baterai Bisa Percepat Transisi Motor Listrik di Indonesia

Rencana tersebut sudah dalam tahap penyempurnaan dan dipastikan terbit tahun ini. Harapannya, lebih meluas untuk digunakan pengendara dengan jarak tempuh 100 km setiap hari. 

Langkah ini juga disebut berguna untuk mengejar target yang telah dicanangkan sebelumnya, yakni sampai akhir 2023 menyentuh angka 50.000 unit. "Saat ini skemanya juga sudah diproses, semoga bulan ini terbit untuk mengejar target," paparnya.

   Baca Juga: Tips Ciptakan Emisi Rendah Saat Berkendara

Inten menjabarkan saat ini skema motor listrik dengan baterai tanam itu paling murah menyentuh angka Rp15 juta. Jika mendapatkan subsidi Rp7 juta, maka masih ada selisih. 

"Nanti biaya konversi bisa nol melalui skema baterai sewa, tidak mengeluarkan uang lagi, hanya saja untuk menyewa baterai swap," ucapnya. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.