Swap Baterai Bisa Percepat Transisi Motor Listrik di Indonesia

Swap Baterai Bisa Percepat Transisi Motor Listrik di Indonesia
Kamis, 14 September 2023 12:30
Afrizal Abdul Rahman

OTORIDER - Swap baterai diklaim bisa menjadi salah satu cara untuk percepatan ekosistem motor listrik di Indonesia. Hal tersebut terbukti dari peningkatan pengguna motor listrik sejak 2020-2023, yang mana penggunaan sistem swap baterai menguasai hingga 55 persen. 

"Kalau merujuk dari data kita pada tahun 2020 itu angka motor listrik yang menggunakan baterai swap itu masih tidak ada alias nol, dan saat ini sudah mencapai angka yang luar biasa," kata Director of Research Foundry, Erwin Arifin beberapa waktu lalu di Jakarta. 

   Baca Juga: ESDM Beberkan Hambatan Transisi ke Arah Elektrifikasi di Indonesia

Senada dengan Erwin, Staf Khusus Menteri ESDM Bidang Percepatan Pengembangan Industri sektor ESDM, Agus Tjahajana Wirakusumah menilai sistem swap baterai akan bisa mempercepat transisi dan adopsi motor listrik. "Bila diperkuat dengan sistem swap baterai, tentu akan bisa mempercepat transisi dan adopsi motor listrik," ucap Agus.

Baterai Motor Listrik Smoot Tempur

 

Pada kesempatan ini, Irwan Tjahaja selaku Founder & CEO SWAP Energi menyampaikan bahwa pihaknya berkomitmen untuk menyediakan lebih banyak lagi swap station yang tersebar di seluruh Indonesia. Sejauh ini, ia mengatakan telah menyediakan 1.500 swap station.

   Baca Juga: Pabrikan Motor Jual Rangka, Apakah Hal yang Biasa?

"Kami akan mempercepat penempatan 5.000 titik penukaran baterai sehingga memudahkan para pengguna motor listrik ketika kehabisan baterai," jelas Irwan. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.