Jalani Tes Catalunya, KTM Uji Coba Fairing Model Baru

Jalani Tes Catalunya, KTM Uji Coba Fairing Model Baru
Minggu, 13 Juni 2021 06:00
Thio Pahlevi

Sesi tes resmi MotoGP 2021 usai digelar di Catalunya, Barcelona pada Senin (7/6) lalu. Sejumlah pembalap dan tim pun turut serta dalam sesi tersebut, salah satunya adalah KTM. Pada kesempatan itu, motor KTM terlihat menggunakan fairing baru berwarna hitam.

Jika diperhatikan lebih lanjut, fairing pada motor KTM memiliki lubang-lubang yang cukup banyak. Tak hanya lubang, di beberapa bagian fairing juga terdapat sayap kecil yang diduga untuk meningkatkan aerodinamika.

   Baca Juga: Pedro Acosta, Wonderkid Moto3 yang Disebut Pembalap Perpaduan Rossi dan Marquez

Fairing dengan lubang, dikutip dari GPOne, bukanlah hal baru dalam pengembangan motor. Fitur ini kabarnya telah digunakan selama beberapa dekade di sirkuit yang sangat berangin seperti Phillip Island, Australia.

Iker Lecuona KTM MotoGP 2021 Tes Catalunya, Barcelona

Nah, apa tujuannya? Secara sederhana, fitur ini berguna untuk memberikan area permukaan yang lebih sedikit terhadap angin dan mencegah hembusan angin menggerakkan motor terlalu banyak dari lintasan yang ditetapkan oleh pengendara.

   Baca Juga: Pantauan Harga Terbaru Kawasaki KLX 150, Honda CRF150L, dan Yamaha WR 155R (Juni 2021)

Akan tetapi, fairing 'Keju Swiss' pada motor KTM disinyalir memiliki tujuan untuk menghasilkan turbulensi mikro di area depan. Sehingga meningkatkan aliran udara di area berikutnya. Guna menciptakan aliran udara yang lebih bersih untuk membuat sirip bekerja dengan cara terbaik. Tujuannya juga untuk menciptakan daya angkat di area tengah motor, diduga untuk meningkatkan stabilitas atau cengkeraman mekanis.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.