Layaknya Produk Massal, Suzuki GSX-RR Jadi Motor Paling Sederhana Di MotoGP?

Layaknya Produk Massal, Suzuki GSX-RR Jadi Motor Paling Sederhana Di MotoGP?

Suzuki Ecstar berhasil meraih mahkota juara dunia MotoGP 2020 bersama pembalapnya, Joan Mir. Kemenangan ini pun diperoleh salah satunya berkat performa konsisten dari motor Suzuki GSX-RR. Kabarnya, motor tersebut menjadi tunggangan paling sederhana yang berlaga di MotoGP. Lantas, mengapa disebut demikian?

Davide Brivio sebagai Manajer tim Suzuki mengungkapkan bahwa Suzuki GSX-RR mungkin salah satu motor paling sederhana tanpa suku cadang yang bagus. Selain Suzuki, menurutnya Honda juga merupakan motor sederhana. Brivio mengklaim, motornya tak memiliki banyak hal. Terakhir, Suzuki baru menambahkan 'Start Device' pada tahun lalu.

   Baca Juga: Suzuki Buka Peluang Hadirkan Tim Satelit Di MotoGP

"Terkadang mekanik kami bercanda bahwa kami memiliki mesin produksi, sepeda motor jalanan. Tapi mereka bilang begitu karena sangat mudah dikerjakan, mudah dirakit. Cepat saat Anda ingin mengubah sesuatu, mengganti mesin. Saya tidak tahu apakah itu kuncinya, tapi ini pasti keuntungan," ujar Brivio dilansir dari Speedweek.

Suzuki Ecstar MotoGP

Brivio menambahkan, Suzuki menginginkan motor balapnya menggunakan mesin yang mereka jual, yakni konfigurasi in-line 4-cylinder. Terbukti dengan mesin tersebut, Suzuki bersama Joan Mir keluar sebagai juara dunia MotoGP 2020.

   Baca Juga: Intip Spesifikasi Motor Suzuki GSX-RR Tunggangan Joan Mir

"Suzuki mundur pada 2011 saat mesin masih V4. Mereka menerima instruksi, katakanlah permintaan, dari manajemen puncak: Mesin balap haruslah mesin in-line, karena kita harus balapan dengan apa yang kita jual. Suzuki ingin menggabungkan apa yang mereka jual dengan apa yang mereka gunakan di balapan sebanyak mungkin. Kami berlomba untuk mengembangkan teknologi dan mempromosikan merek," kata Brivio.

Sekadar tambahan informasi, Suzuki GSX-RR dibekali dengan mesin 1.000 cc, in-line 4-cylinder, 4-Tak, DOHC, 4-valve, dan berpendingin cairan. Tenaga yang dihasilkannya sebesar 240 PS dan kecepatan maksimum hingga 340 km/jam.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id