Tips Terjang Banjir Pakai Motor Sport. Jangan Melewati Batas Ini!

Tips Terjang Banjir Pakai Motor Sport. Jangan Melewati Batas Ini!
Selasa, 31 Desember 2019 14:00
Thio Pahlevi

Intensitas hujan yang cukup deras beberapa saat lalu sempat membuat jalanan mengalami banjir. Sejumlah pengendara, khususnya pengguna motor seringkali terjebak di tengah genangan saat berusaha melewatinya.

Jika terpaksa harus menerjang banjir, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, terutama bagi pengguna motor tipe sport. Nah, bagaimana cara menerobos banjir dalam keadaan darurat?

   Baca Juga: Bahaya Mengintai Pengguna Helm dengan Double Visor

Hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu adalah ketinggian banjir tersebut. Pastikan tinggi genangan air masih aman untuk dilewati.

"Untuk tipe motor sport sebenarnya lebih aman karena posisi mesin dan filter udaranya tinggi. Ketinggian permukaan air yang masih tergolong aman itu, posisinya tidak melebihi lubang knalpot," kata Ribut Wahyudi, Kepala Bengkel Bintang Motor Honda Cinere, Depok pada OtoRider beberapa waktu lalu.

Yamaha R25

 

Tak hanya sebelum menerjang banjir, motor yang digunakan usai melewati genangan juga perlu mendapatkan pemeriksaan. Hal ini diperlukan untuk mendeteksi apakah ada air yang masuk ke komponen mesin.

   Baca Juga: Dealer Yamaha Tawarkan Detailing Bodi Gratis

"Setelah melewati banjir, pertama yang dicek itu oli, untuk mengetahui apakah ada air yang masuk dan tercampur. Kemudian kampas rem juga perlu dibersihkan. Rantai dibersihkan dan dilumasi kembali. Dan juga, sebaiknya motor dicuci agar tidak menimbulkan karat," jelas Ribut.

Jika tidak dalam kondisi darurat, sebaiknya gunakan alternatif jalan lain dibandingkan harus menerobos banjir. Hal ini tentunya untuk menjaga performa motor tetap optimal dan meminimalisir kerusakan yang terjadi pada motor.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.