Berkendara Motor, Seberapa Penting Penggunaan Balaclava?

Berkendara Motor, Seberapa Penting Penggunaan Balaclava?

Balaclava menjadi salah satu aksesori pendukung berkendara motor. Selain melindungi dari debu dan kotoran, aksesori ini juga ternyata memiliki beberapa peran penting.

Nah, seberapa penting penggunaan balaclava itu sendiri untuk berkendara motor? Imas Prayogo dari Prime Gears selaku distributor resmi helm Arai di Indonesia yang berlokasi di kawasan Bintaro, Jakarta Selatan pun memberikan penjelasannya.

   Baca Juga: Marc Marquez Ungkapkan Alasannya Tolak Bergabung dengan Ducati

"Untuk penggunaan balaclava sebetulnya penting agar helm tidak mudah bau, tapi balik lagi ke penggunanya sendiri, nyaman atau tidaknya menggunakan balaclava," ujar Imas pada OtoRider beberapa waktu lalu.

Balaclava Roduta

Senada dengan Imas, Johanes Lucky yang merupakan Safety Riding Manager PT Astra Honda Motor (AHM) pun memberikan komentarnya terkait penggunaan balaclava. Menurutnya, aksesori ini juga berfungsi untuk menjaga keawetan bagian dalam helm.

   Baca Juga: Kilas Sejarah Kawasaki Ninja di Indonesia

"Untuk mengurangi jumlah keringat yang terserap oleh lapisan dalam atau padding helm saat berkendara, gunakan helmet liner atau helmet cup. Karena selain dapat menimbulkan bau tidak sedap dan menimbulkan jamur, tenyata keringat dapat menurunkan kualitas dari busa helm," jelas Lucky.

Ditambah lagi, penggunaan balaclava atau masker saat berkendara juga bisa mencegah tertularnya wabah Covid-19 yang saat ini tengah menjadi perhatian dunia.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

CarReview.id