Mau Ubah Ukuran Ban Yamaha XSR155? Perhatikan Hal Berikut

Mau Ubah Ukuran Ban Yamaha XSR155? Perhatikan Hal Berikut

Modifikasi sepeda motor kerap dilakukan oleh pecinta roda dua, terutama pada pemilik Yamaha XSR155. Pasalnya motor bergaya retro ini memiliki cukup banyak bagian yang bisa diubah, salah satunya adalah seputar kaki-kaki. Tetapi merubah kaki-kaki tidak bisa sembarangan, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Andi Akbar alias Atenx dari Katros Garage menyebutkan, jika merubah ukuran ban belakang Yamaha XSR155 tidak ada penyesuaian. Sedangkan jika merubah ukuran ban depan, menurutnya harus menyesuaikan posisi spakbor. Pasalnya jika tidak disesuaikan, ban yang lebih besar akan mentok pada bagian penutup tersebut.

   Baca Juga: Panduan Ukuran Ban Maksimal pada Yamaha XSR155

"Di ban depan itu, kalau mau pakai ban aslinya ya 110/70 kalau mau pakai spakbor ori. Kalau mau ganti palingan ke 110/80 tetapi engga terlalu kelihatan perbedaannya. Soalnya kalau lebih besar lagi, spakbornya terlalu mepet dengan roda," ujar Atenx saat dihubungi OtoRider, Jum'at (1/5).

Adaptor Spakbor Depan XSR155

 

Menurutnya, modifikasi ban depan XSR155 yang cocok untuk harian adalah ukuran 120/80. Sedangkan jika menggunakan ukuran ban tersebut, bagian atas roda akan menyentuh spakbor. Sehingga perlu sejumlah penyesuaian jika tetap menggunakan spakbor original.

   Baca Juga: Mancing Pakai Magnet, Orang Ini Temukan Skuter Hingga Moge

"Bisa pakai spakbor original, cuma posisinya ditinggiin saja. Jadi mentoknya itu bukan di kanan-kirinya, tetapi di atas. Jadi tinggal ditinggiin, dudukannya bisa pakai adaptor gitu yang bikin lebih tinggi dan engga mentok ke spakbor," pungkas Atenx.

Atenx sendiri menjual sparepart adaptor untuk spakbor Yamaha XSR155 di Custom Kit. Sparepart ini dapat ditemukan dan dibeli langsung lewat Tokopedia. Harganya sendiri relatif murah yakni hanya Rp 95 ribu dan dapat dipasang sendiri dengan mudah.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id