Mengenal Rantai Keteng? Ternyata Inilah Fungsinya

Mengenal Rantai Keteng? Ternyata Inilah Fungsinya
Jumat, 29 Mei 2020 11:00
Brian

Pernahkah Anda mendengar nama rantai keteng pada komponen mesin sepeda motor? Komponen ini berbeda dari rantai yang menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang. Secara bentuk, komponen ini juga berbeda dari rantai ke roda belakang.

Fikri selaku mekanik spesialis Honda Tiger menyebutkan rantai keteng memiliki fungsi menyalurkan tenaga. Tenaga disalurkan dari crankshaft atau kruk as, ke bagian camshaft atau nken as.

   Baca Juga: Emula Concept, Motor Listrik Dengan Suara Mesin 2-Tak

"Fungsi rantai keteng ya dia menyalurkan tenaga saja dari kruk as ke noken as. Kan kruk as ada dibawah nih, sementara noken as itu adanya di atas atau head. Nah penyalurnya ya keteng ini," ujar Fikri kepada OtoRider, Kamis (28/5).

Rantai Keteng

 

Fikri melanjutkan, tenaga yang didapatkan noken as dari rantai keteng digunakan untuk membuka dan menutup klep. Sehingga rantai keteng ini harus dipasang dengan benar. Karena jika rantai keteng bermasalah dapat membuat putaran dan tenaga mesin tidak stabil.

   Baca Juga: Berikut Persyaratan SKIM Agar Dapat Masuk ke Jakarta

"Kalau rantai ketengnya engga bener ya bisa macem-macem, tenaga ngempos, mesin berisik, bahkan dia bisa loncat ketengnya," pungkas Fikri menjelaskan.

Rantai keteng ini kerap digunakan di berbagai jenis sepeda motor. Meskipun beberapa pabrikan menggunakan teknologi lain yang bernama pushrod untuk menggantikan rantai keteng. Pushrod biasanya digunakan oleh pabrikan motor besar yakni Harley-Davidson.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.