Mengenal Service Tune-up Gurah Pada Sepeda Motor

Mengenal Service Tune-up Gurah Pada Sepeda Motor

Setiap pemilik sepeda motor diharuskan untuk merawat tunggangan kesayangannya agar mendapatkan performa yang lebih prima. Salah satu perawatan yang bisa dilakukan oleh pemilik roda dua adalah dengan melakukan tune-up. Namun terdapat tune-up yang sedikit berbeda yang bernama servis gurah.

Joddy Ario selaku pemilik bengkel JDM Project yang menerima servis gurah menyebutkan teknik ini masih dalam proses pembersihan ruang bakar. Namun dirinya menyebutkan, servis gurah berbeda dengan tune-up kebanyakan. Dirinya mengibaratkan servis gurah adalah pembersihan ruang bakar tana harus melakukan setel klep dan skir klep.

   Baca Juga: Tak Hanya Modifikasi, Bengkel JDM Project Bisa Bikin Motor Seperti Baru

"Tune-up itu kalau di karburator ada servis dan pembersihan karbu. Kalau di injeksi ada servis throttle body dan cleaning carbon chamber atau biasanya orang tahunya infus. Kalau tune-up yang sebenarnya itu adalah pembersihan ruang bakar area piston," ujar Joddy saat ditemui OtoRider beberapa waktu lalu.

"Zaman dahulu, untuk membersihkan ruang bakar itu ibaratnya turun mesin setengah. Setel klep dan skir klep, dengan metode gurah engga perlu lagi," tambahnya.

Servis Gurah JDM Project

 

Menurut Joddy, gurah perlu dilakukan oleh setiap sepeda motor yang telah lama digunakan. Karena terdapat penumpukkan di kepala piston dan ruang bakar yang membuat kompresi motor jadi berkurang. Kompresi pembakaran yang berkurang akan memberikan beragam efek seperti lebih boros dan mudah ngelitik.

Setelah melakukan gurah, Joddy menyebutkan performa motor akan kembali seperti baru. Karena ruang bakar yang lebih bersih dan penggunaan bahan bakar yang tepat, tentunya akan membuat tarikan jadi lebih ringan. Selain itu, emisi yang dikeluarkan dari knalpot menjadi lebih bersih mengingat ruang bakar yang tidak ada lagi endapan kotoran.

   Baca Juga: Mengetahui Perbedaan Oli Mineral dan Sintetis

Joddy pun menjelaskan terdapat sejumlah kriteria pada sepeda motor yang dapat digurah. "Catatan mesin dalam keadaan sehat, dalam arti tidak perlu dibongkar-bongkar. Kalau ada bocor kompresi sudah tidak bsia digurah, jadi kami bicara motor datang normal," pungkas Joddy.

Soal harga, Joddy menyebutkan banderol yang diberikan untuk servis gurah ini cukup beragam dan tergantung oleh motornya. Dirinya membeberkan untuk motor matic injeksi dengan kapasitas 150 cc, merogoh kocek hingga Rp 450 ribu ditambah jasa Rp 75 ribu. Semakin besar kapasitas mesin dan jumlah silinder, maka harga servis gurah akan semakin mahal.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

CarReview.id