Alasan Ban Bisa Kempis Ketika Motor Diletakkan Di Lantai

Alasan Ban Bisa Kempis Ketika Motor Diletakkan Di Lantai

Motor yang jarang digunakan, kerap kali ditemukan dalam kondisi ban yang sudah kempis atau kekurangan angin. Biasanya motor yang jarang digunakan dan ditemukan kempis terjadi jika motor diletakkan di lantai. Sehingga timbul pertanyaan apa penyebab ban tersebut bisa kempis?

Sutrisno selaku pemilik bengkel Jawa Motor mengatakan ban kempis tersebut bukan berarti keadaan ban sudah tidak bagus. Menurutnya, kempisnya ban juga tidak mengartikan adanya kebocoran pada permukaan ban. Melainkan suhu lantai yang dingin terutama di malam hari yang membuat tekanan angin menyusut.

   Baca Juga: Paket Kustomisasi Royal Enfield Interceptor 650 dan Himalayan, Berapa Harganya?

"Karena dingin itu yang membuat tekanan angin menjadi menyusut. Hal ini bisa terjadi di jenis ban motor apapun, baik tubeless atau pakai ban dalam. Sebaiknya kalau memang motornya di rumah saja itu pakai standar tengah atau standar dua," ujar Sutrisno kepada OtoRider beberapa waktu lalu.

Ban FDR Hover

Sutrisno menyebutkan memang motor yang jarang digunakan akan lebih sering bersentuhan dengan lantai jika diletakkan di rumah. Dirinya pun memberikan kiat sederhana jika motor tidak memiliki standar tengah. Pemiliknya bisa menggunakan alas berupa kain ataupun kardus, sehingga motor tidak langsung terkena lantai.

   Baca Juga: Berikut yang Harus Dilakukan Ketika Vespa Matic Terendam Banjir

"Caranya gampang saja berikan alas kardus atau kain biar enggak kempis," pungkas Sutrisno yang pernah menjadi mekanik di bengkel Honda secara singkat.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id