Bahaya, Jangan Gunakan Teknik Berkendara Off-Road di Jalan Raya!

Bahaya, Jangan Gunakan Teknik Berkendara Off-Road di Jalan Raya!

 

Berkendara motor di jalanan tanpa aspal alias off-road memiliki teknik tersendiri untuk mengatasi keseimbangan. Pasalnya medan yang tidak menentu membuat pengendara harus selalu siap. Lantas bisakah teknik berkendara off-road digunakan di jalanan umum atau jalan raya?

Johanes Lucky selaku Safety Riding Manager Astra Honda Motor mengatakan ketika belajar off-road terdapat teknik berkendara tersendiri. Kemudian teknik berkendara itu harus dijelaskan oleh instruktur. Biasanya penjelasan diberikan berikut dengan alasan kenapa teknik berkendara harus berbeda.

   Baca Juga: Kawasaki Ninja ZX-25R Dipasang Turbocharger, Tenaga Naik Drastis

"Jadi ketika kita belajar teknik berkendara, itu instruktur harus menyampaikan kenapa harus seperti itu. Sehingga mereka menikung dengan istilah lean out, itu ada tujuannya. Supaya keseimbangan dan ketika terjatuh kaki kita tidak tertimpa motor," ujar Lucky saat ditanya awak media beberapa waktu lalu.

Jig Honda CRF150L

Namun ketika di jalanan umum atau jalan beraspal, menurut Lucky potensi terjatuhnya tidak sama. Sehingga tidak perlu mempraktekkan teknik berkendara off-road di jalanan beraspal. Lucky menjelaskan hal tersebut justru dapat membahayakan pengendara dan pengguna jalan lain.

   Baca Juga: Cara Aman Berkegiatan Sunday Morning Ride di Masa Pandemi

"Tetapi ketika di jalan umum yang potensi jatuhnya tidak sama seperti off-road, enggak perlu seperti itu sebetulnya. Kalau mau begitu malah bisa potensi membahayakan, miring nanti malah jadi muncul risiko yang lain," pungkas Lucky.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id