Ban Sudah Digunakan Selama 5 Tahun, Masih Layak Pakai?

Ban Sudah Digunakan Selama 5 Tahun, Masih Layak Pakai?

Bagi pengendara yang jarang menggunakan motornya, tentu ulir ban akan sangat awet dan jarang mencapai kebotakan. Namun biasanya pengendara cukup ragu jika menggunakan ban yang memiliki usia tinggi. Lantas kira-kira berapa lama ban masih dapat dan aman dipakai?

Fachrul Rozi selaku Customer Engineering Support Michelin Indonesia menyebutkan secara teknis ban bisa dipakai dan tidak ada masalah selama 5 tahun. Menurutnya jika sudah mencapai usia tersebut, pemilik kendaraan harus melihat kembali kondisi ban. Jika tidak ada masalah, maka ban yang sudah melebihi usia 5 tahun itu masih bisa dipakai.

   Baca Juga: Ban Produksi Lama Masih Aman Dipakai? Bagaimana Kriterianya?

"Setelah lima tahun pertama harus cek, ada bekas coelan engga? ada bekas kebentur engga? ada retak engga? Bagian wall terutama tuh. Tetapi kalau ada crack dan sudah membesar cracknya dan dalem, itu harus ganti," ujar Fachrul Rozi saat ditemui awak media di Jakarta beberapa waktu lalu.

Ban, Nitrogen, tekanan angin

 

Fachrul Rozi menyebutkan pihaknya memiliki crack meter yang bisa membandingkan apakah ban dalam kondisi aman atau tidak untuk digunakan. Menurutnya selama ini tidak pernah terdapat kasus pecah ban karena usianya yang sudah tua. Melainkan karena adanya perawatan dan perbaikan yang kurang tepat.

   Baca Juga: Ternyata Penggunaan Semir Bisa Bikin Permukaan Ban Pecah!

"Tidak ada kasus pecah ban karena ban itu tua, cari saja beritanya itu, tidak ada. Yang ada adalah fail production, kedua adalah kurangnya perawatan. Adanya perbaikan atau perawatan ban yang salah," pungkasnya.

 

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id