Bikin Awet! Tips Rawat Baterai Motor Listrik Biar Panjang Umur

Bikin Awet! Tips Rawat Baterai Motor Listrik Biar Panjang Umur

Produk motor listrik saat ini mulai banyak ditawarkan oleh berbagai merek. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa pilihan, antara lain seperti Gesits, NIU, Selis, TVS, United, dan sebagainya. Meski minim perawatan layaknya motor bensin, namun terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan pada motor listrik, khususnya komponen baterai.

Baterai pada motor listrik menjadi salah satu komponen penting yang perlu dijaga performanya. Selain bisa membuat kemampuan motor listrik menurun, hal tersebut juga dikarenakan harganya yang terbilang cukup mahal apabila mengalami kerusakan.

   Baca Juga: Jangan Salah Lagi! Ternyata Ini Cara Cek Tekanan Angin pada Ban Motor

Lantas, apa saja yang perlu diperhatikan agar baterai tetap awet dan memiliki usia pakai yang panjang? Ady Siswanto selaku pemilik bengkel modifikasi PetrikBike yang mengerjakan konversi motor listrik pun memberikan penjelasannya.

Baterai Motor Listrik TVS iQube

"Pertama, baterainya enggak boleh overcharged. Kedua, baterainya jangan sampai lama enggak di-charge. Ketiga, mendingan setelah pakai di-charge daripada dipakai sampai habis baru di-charge. Tiga hal itu yang perlu diperhatikan bagi pemilik kendaraan listrik," jelas Ady pada OtoRider beberapa waktu lalu.

   Baca Juga: Mau Kredit Honda Scoopy? Simak Skema Cicilan Terbarunya

Selain dari segi perawatan baterai, pemilik juga perlu memerhatikan penggunaan motor listrik, seperti ketahanan terhadap air dan banjir. Ady mengatakan terdapat beberapa komponen motor listrik yang rawan mengalami kerusakan ketika terkena air atau banjir. Komponen tersebut di antaranya adalah baterai dan dinamo.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id