Bikin Awet! Tips Rawat Baterai Motor Listrik Biar Panjang Umur

Bikin Awet! Tips Rawat Baterai Motor Listrik Biar Panjang Umur
Jumat, 23 April 2021 15:25
Thio Pahlevi

Produk motor listrik saat ini mulai banyak ditawarkan oleh berbagai merek. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa pilihan, antara lain seperti Gesits, NIU, Selis, TVS, United, dan sebagainya. Meski minim perawatan layaknya motor bensin, namun terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan pada motor listrik, khususnya komponen baterai.

Baterai pada motor listrik menjadi salah satu komponen penting yang perlu dijaga performanya. Selain bisa membuat kemampuan motor listrik menurun, hal tersebut juga dikarenakan harganya yang terbilang cukup mahal apabila mengalami kerusakan.

   Baca Juga: Jangan Salah Lagi! Ternyata Ini Cara Cek Tekanan Angin pada Ban Motor

Lantas, apa saja yang perlu diperhatikan agar baterai tetap awet dan memiliki usia pakai yang panjang? Ady Siswanto selaku pemilik bengkel modifikasi PetrikBike yang mengerjakan konversi motor listrik pun memberikan penjelasannya.

Baterai Motor Listrik TVS iQube

"Pertama, baterainya enggak boleh overcharged. Kedua, baterainya jangan sampai lama enggak di-charge. Ketiga, mendingan setelah pakai di-charge daripada dipakai sampai habis baru di-charge. Tiga hal itu yang perlu diperhatikan bagi pemilik kendaraan listrik," jelas Ady pada OtoRider beberapa waktu lalu.

   Baca Juga: Mau Kredit Honda Scoopy? Simak Skema Cicilan Terbarunya

Selain dari segi perawatan baterai, pemilik juga perlu memerhatikan penggunaan motor listrik, seperti ketahanan terhadap air dan banjir. Ady mengatakan terdapat beberapa komponen motor listrik yang rawan mengalami kerusakan ketika terkena air atau banjir. Komponen tersebut di antaranya adalah baterai dan dinamo.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.