Langkah-Langkah Mengatasi Lampu Silau dari Kendaraan Lain

Langkah-Langkah Mengatasi Lampu Silau dari Kendaraan Lain

Lampu kendaraan merupakan komponen yang kerap mendapatkan modifikasi untuk mendapatkan cahaya yang lebih terang. Namun modifikasi ini juga kerap mengganggu pengguna jalan lain, terutama yang berlawanan arah. Lantas jika menemukan pengendara dengan lampu tersebut, langkah apa yang harus diambil?

Tamy Pratama selaku Instruktur Safety Riding PT Daya Adicipta Motora (DAM) mengatakan jika menemukan kendaraan tersebut lebih baik menurunkan kecepatan. Pasalnya ketika lampu dari kendaraan lain terlalu terang, mata perlu beradaptasi kembali. Sehingga jika tidak menurunkan kecepatan, dapat membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lain.

   Baca Juga: Rendering Digital Royal Enfield Meteor 350 Bergaya Bobber

"Pada saat mata kita tersorot dari lampu kendaraan berlawanan, sebaiknya menurunkan kecepatan. Karena mata kita butuh adaptasi dari yang terang tadi menjadi gelap," ujar Tamy dalam pertemuan secara virtual beberapa waktu lalu.

Ilustrasi Blind Spot Lalu Lintas

 

Tamy juga menyarankan, jika adaptasi mata memakan waktu yang cukup lama maka pengendara dapat berhenti terlebih dahulu ke bahu jalan. Menurutnya kemampuan setiap orang untuk beradaptasi dengan cahaya ini berbeda-beda. Maka langkah yang harus diambil pun menyesuaikan oleh kecepatan adaptasi tersebut.

   Baca Juga: Proporsi Pengereman Depan dan Belakang yang Benar Pada Sepeda Motor

"Tapi kalau adaptasinya cepat, cukup menurunkan kecepatan. Karena kalau masih adaptasi dan didepan ada mobil berhenti malah bisa menabrak mobil tersebut," ungkap Tamy.

 

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id