Proporsi Pengereman Depan dan Belakang yang Benar Pada Sepeda Motor

Proporsi Pengereman Depan dan Belakang yang Benar Pada Sepeda Motor
Senin, 22 Maret 2021 10:00
Brian

Berkendara sepeda motor tidak dapat dilakukan secara asal-asalan. Terdapat beberapa teknik yang harus dipahami, salah satunya adalah teknik pengereman. Banyak pemahaman yang mengatakan pengereman harus dilakukan 60% di depan dan 40% di belakang, benarkah demikian?

Tamy Pratama selaku Instruktur Safety Riding PT Daya Adicipta Motora (DAM) mengatakan kebenaran dari proporsi pengereman tersebut. Dirinya menyebutkan rem depan harus lebih banyak digunakan. Hal tersebut dikarenakan saat melakukan pengereman, beban badan dan motor akan tertumpu di roda depan.

   Baca Juga: Menelisik Fitur USB Charger pada Motor dari Sisi Safety Riding

"Makanya kita lebih dibesarkan presentasinya seperti 60% dan 40%. Tapi secara bersamaan untuk pengoperasiannya ya, kalau gunakan salah satu saja pasti titik berhentinya akan lebih jauh. Terutama kalau gunakan motor besar, karena motornya cukup berat," ujar Tamy dalam perbincangan secara virtual beberapa hari yang lalu.

Teknik Pengereman

 

Tamy juga menyebutkan untuk tidak menggunakan rem depan ketika motor dalam keadaan miring. Menurutnya sebisa mungkin pegnereman dilakukan ketika motor dalam keadaan tegak. Sehingga jika hendak menikung atau terdapat tikungan, pengereman sudah dilakukan sebelum masuk tikungan.

   Baca Juga: Rendering Digital Royal Enfield Meteor 350 Bergaya Bobber

"Sebisa mungkin rem depan digunakan ketika motor masih tegak. Jadi menggunakan rem depan terlebih dahulu dan ketika sudah berbelok bisa kontrol kecepatan motor menggunakan rem belakang," pungkas Tamy.

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.