Mengenal Beragam Jenis Suspensi Pada Sepeda Motor, Sudah Tahu?

Mengenal Beragam Jenis Suspensi Pada Sepeda Motor, Sudah Tahu?
Jumat, 31 Desember 2021 12:00
Brian

Suspensi pada sepeda motor memiliki tugas yang sangat penting untuk menahan guncangan dan memberikan kenyamanan. Peran suspensi menjadi sangat penting ketika digunakan di jalan yang kurang rata. Oleh karenanya terdapat beberapa jenis suspensi pada sepeda motor.

Muslian selaku Manager After Sales Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers mengatakan dalam suspensi terdapat beberapa komponen yang bekerja. Untuk menahan guncangan, suspensi memiliki spring atau per. Kemudian terdapat oli yang juga berfungsi sebagai penahan guncangan.

Suzuki Gixxer SF 250

"Suspensi berperan penting pada sepeda motor sebagai peredam kejut yang menahan guncangan. Sehingga memberikan kenyamanan saat aktivitas berkendara. Karenanya pengguna motor perlu mengenal jenis dan manfaat suspensi," ujar Muslian dalam keterangan tertulis.

Saat ini untuk suspensi depan tersedia dalam bentuk teleskopik dan upside down. Perbedaan antara keduanya adalah dari posisi inner tube (tabung kecil) dan outer tube (tabung besar). Pada jenis upside down posisi inner tube berada di bagian bawah, sementara teleskopik inner tube berada di bagian atas.

   Baca Juga: Jarang Diperhatikan, Suspensi Harus Dirawat Agar Tak Cepat Rusak

Perbedaan dari suspensi upside down dan teleskopik juga terdapat pada cara kerjanya. Pada suspensi upside down dimaksudkan agar pegangan bagian atas menjadi lebih besar. Sehingga dapat mengurangi getaran yang dihasilkan ketika motor sedang dikendarai.

Yamaha XSR155

Kemudian di bagian belakang, terdapat suspensi yang biasa disebut shock absorber. Suspensi ini berfungsi menopang as roda belakang serta meredam kejutan atau getaran dari permukaan jalan serta ayunan mesin. Jenis suspensi belakang ini tersedia dalam dua macam, yakni double shock dan mono shock.

   Baca Juga: Tips Naik Motor Off-Road untuk Pengendara di Bawah 170 cm

Jenis suspensi di atas, harus dipilih sesuai dengan karakter kendaraan dan fungsi kendaraan itu sendiri. Karena motor untuk harian, balapan, atau off-road memiliki karakter dan jenis suspensi yang berbeda.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.