Penyakit Yamaha Aerox Bore Up, Soket Kendor Hingga Kode 12

Penyakit Yamaha Aerox Bore Up, Soket Kendor Hingga Kode 12

 

Yamaha Aerox merupakan skutik sporty yang banyak digemari anak muda saat ini. Tidak jarang penggunanya meningkatkan spesifikasi mesin dengan melakukan bore up. Namun ternyata Yamaha Aerox yang sudah di bore up akan lebih mudah muncul penyakitnya.

Thomas William selaku Tuner Reisen Motoshop menyebutkan penyakit Yamaha Aerox adalah soket-soket dan sensor original. Menurutnya dalam kondisi mesin standar pun penyakit tersebut bisa muncul. Penyakit tersebut muncul karena soket yang kendor sehingga muncul kode 12 dan 13.

   Baca Juga: Reisen Motoshop Sediakan Paket Yamaha Aerox Bore Up 250 cc!

"Hanya saja kalau standar lebih panjang umurnya karena getarannya lebih kecil ya. Begitu sudah bore up dan stroke up pasti getarannya naik karena tenaga makin besar. Ya akhirnya berdampak pada itu soket, namanya getaran kan elektrikal lama-lama renggang," ujar William saat ditemui OtoRider beberapa waktu lalu di Bekasi.

Yamaha Aerox 155 VVA

William menyebutkan penyaki ini juga muncul pada Yamaha All New Aerox alias generasi terbaru. Disebutkan salah satu yang sering kendor adalah soket TPS (Throttle Position Sensor).  Menurutnya jika soket ini kendor maka pengguna akan merasakan brebet pada motornya.

   Baca Juga: Awas! Ini Dampaknya Jika Minyak Rem Motor Tak Diganti

"Akhirnya di cable ties gitu, soket originalnya sih yang bermasalah ya di Yamaha. Ngakalinnya di cable ties saja, belum nemu part aftermarketnya karena soketnya nyambung dari kabel bodi," pungkas William.

 

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id