Berkenalan dengan Komponen Roller Rocker Arm di Motor

Berkenalan dengan Komponen Roller Rocker Arm di Motor

 

Pada mesin empat langkah, ada beberapa komponen yang berfungsi sebagai penentu performa. Selain piston, terdapat katup yang durasi dan jarak bukaannya diatur oleh camshaft lobe.

Nah, saat camshaft lobe mendorong rocker arm yang memegang batang katup, tentunya akan ada gesekan yang terjadi terus menerus. Meski dilumasi oli, perangkat ini bisa mengalami keausan yang berujung berkurangnya performa mesin.

   Baca Juga: Bekal Pengetahuan Berkendara, Yamaha Gelar Safety Riding di Sekolah

Agar awet, dibuatlah roller rocker arm. Sehingga friksi yang dihasilkan bisa berkurang. “Dengan adanya roller bidang gesek akan berkurang,” ujar Taqwa SS dari Garden Speed yang juga kerap menangani modifikasi camshaft motor balap. “Juga lebih bisa memaksimalkan rasio lift klep,” tambahnya.

Apakah penggunaan roller rocker arm ini bisa meningkatkan performa? Tentu harus dilihat seperti apa pengaruh terbesarnya. Sebab, peningkatan performa mesin empat langkah akan lebih berpengaruh dari waktu dan besarnya bukaan katup.

   Baca Juga: Davigo Pamerkan 3 Motor Listrik di PEVS 2022, Harga Mulai Rp 14 Jutaan

“Tetapi secara teori, roller rocker arm bisa meningkatkan performa pada putaran rendah dan sedang,” ungkap Taqwa. Karakter ini tentunya sangat berguna kalau motor digunakan untuk stop and go di jalan.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id