Biar Makin Tahu, Ini Bedanya Polishing, Waxing, dan Coating Bodi Motor

Biar Makin Tahu, Ini Bedanya Polishing, Waxing, dan Coating Bodi Motor
Rabu, 23 Maret 2022 14:00
Ruslan Abdul Gani

Bagi setiap pemiik motor tentunya menginginkan kendaraannya selalu terlihat bersih dang mengkilap. Hal itu tentunya bisa didapat dengan cara sering melakukan perawatan pada bodi motor. Ada beberapa cara yang sering didengar seperti polishing, waxing, dan coating.

Lantas, apa arti dari istilah-istilah perawatan tersebut dan untuk apa fungsinya? “Kalau polishing itu mengikis lapisan clear coat, waxing itu memberi lapisan tipis menutup pori-pori clear, dan coating itu melindungi lapisan clear seperti tempered glass pada hp,” kata Sendy dari Zero Wash Motocare yang berlokasi di Sukmajaya, Depok, Jawa Barat.

   Baca Juga: Sering Mengelap Bodi Motor Sehabis Terkena Air Hujan, Begini Efeknya

Polishing ini bertujuan mengembalikan kilauan cat pada bodi motor, bisa menghilangkan baret halus atau noda yang menempel. Dalam prosesnya, polishing mengunakan cairan yang bersifat abrasif atau melakukan pengikisan pada permukaan clear coat atau pernis. Perawatan polishing  juga disarankan untuk dilakukan sebelum tahap waxing, apalagi di cat yang sudah terlihat kusam.

Cara Merawat Bodi Motor Sendiri Saat Musim Hujan

Kemudian, Waxing berfungsi untuk mempertahankan warna dan kilau cat motor sehingga tidak menjadi kusam. Cat pada bodi motor akan dilapisi dengan lapisan tipis wax yang menggunakan bahan sintetis.

   Baca Juga: Yamaha Fazzio Hybrid-Connected Lakukan Touring Perdana di Jogja

“Untuk coating fungsinya lebih kuat melindungi lapisan cat ketimbang waxing, seperti tahan terhadap goresan kuku, tas, dan celana levis, serta melindungi dari sinar UV, sekaligus memberikan efek daun talas,” ujar Sendy saat ditemui OtoRider.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.