Bisa Dikerjakan Sendiri Di Rumah, Ini 3 Tips Ringan Merawat Aki Motor

Bisa Dikerjakan Sendiri Di Rumah, Ini 3 Tips Ringan Merawat Aki Motor

 

Aki memiliki peranan penting dalam menghasilkan arus listrik untuk komponen elektrikal motor. Agar kondisinya tetap terjaga dan bekerja optimal, aki juga memerlukan pengecekan serta perawatan berkala. Tak melulu ke bengkel, pemilik motor juga dapat melakukan perawatan sendiri di rumah.

Muslian selaku Manager After Sales Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers (Sumatera Selatan & Bengkulu) pun membagikan beberapa tips merawat aki motor. Setidaknya terdapat tiga hal yang bisa dilakukan pemilik motor guna memastikan aki bekerja dengan baik.

   Baca Juga: Inspirasi Modifikasi Yamaha Fazzio Hybrid Livery Sean Wotherspoon

Pertama, dihimbau untuk tidak menggunakan aksesoris motor yang berkaitan dengan kelistrikan secara berlebihan. Muslian mengatakan, jika memakai aksesoris yang berkaitan dengan kelistrikan dalam jumlah banyak, dapat membebani kinerja aki. Oleh sebab itu, ia menyarankan agar dapat meminimalisir aksesoris yang bisa membebani aki motor.

Aki motor

Selanjutnya, jangan memaksa penggunaan starter elektrik. Jika motor susah hidup, jangan memaksakan penggunaan starter eletrik karena akan membuat aki soak. Sebaiknya cek kondisi motor terlebih dahulu atau kunjungi bengkel resmi terdekat untuk pengecekan lebih lanjut.

   Baca Juga: GALERI: Livery Anyar Tim Balap WithU Yamaha RNF MotoGP

Terakhir, disarankan untuk memanaskan motor setiap hari. Agar aki lebih tahan lama, pemilik sebaiknya memanaskan motor 10-15 menit setiap hari meskipun tidak digunakan.

"Mengingat pentingnya fungsi aki pada sepeda motor, kami ingin membagikan beberapa panduan perawatan sehingga kondisinya awet dan penggunaannya dapat maksimal. Hal ini sangat mendukung agar para pengguna sepeda motor makin optimal dalam melaksanakan aktivitas berkendara," ujar Muslian.

 
 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id