Catat! Ini Batas Usia Pakai Kampas Rem Motor

Catat! Ini Batas Usia Pakai Kampas Rem Motor
Senin, 26 Desember 2022 10:00
Afrizal Abdul Rahman

Tak sedikit yang abai dan lalai dalam waktu penggantian kampas rem motor. Jika dibiarkan, tentu akan berbahaya untuk diri sendiri hingga pengendara lain.

Serupa komponen lain, kampas rem motor juga memiliki usia pakai. Namun, usianya tergantung pemakaian pengendara roda dua tersebut. Ketika kampas sudah aus, tentu wajib menggantinya. Lantas, kapan waktu terbaik mengganti kampas rem?

   Baca Juga: Kenali Bedanya Kampas Rem Aftermarket Murah dan Orisinal di Motor

"Usia pakai tergantung pemakaian. Kalau setiap hari menggunakan motor itu, untuk kampas rem ori pabrikan bisa diganti 1-1,5 tahun pemakaian," kata Faiz, Pemilik Bengkel D Kutic kepada OtoRider baru-baru ini.

Apa Sih Bedanya Kampas Rem Aftermarket Murah Dengan Orisinal?

Ia mengatakan untuk kampas rem yang biasa atau aftermarket lainnya mampu bertahan selama sekitar satu tahun, tetapi kembali lagi jenis kampas rem apa yang digunakan.

   Baca Juga: Tak Hanya Kilometer, Ini Patokan Waktu Ganti Busi Motor

Kampas rem sendiri memiliki beberapa jenis, seperti soft yang menggunakan bahan material organik. Tetapi, kampas rem ini lebih cepat habis. Selain soft, ada juga yang medium dengan bahan semi organik. Tentunya lebih tahan lama ketimbang soft. Terakhir adalah hard yang dibuat dengan bahan baku metal, sehingga lebih keras.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.