Cegah Karat! Berikut Tips Merawat Knalpot Motor

Cegah Karat! Berikut Tips Merawat Knalpot Motor

 

Knalpot menjadi salah satu komponen motor yang perlu mendapatkan perawatan. Sama seperti area mesin, knalpot juga dihimbau untuk dicek secara berkala. Hal ini diperlukan untuk menghindari terjadinya kerusakan, khususnya akibat karat.

"Pengguna sepeda motor perlu memahami fungsi knalpot dan perawatannya sehingga dapat menjaga kondisinya selalu baik. Karenanya kami ingin menyampaikan sejumlah poin terkait hal tersebut sehingga turut membantu konsumen dalam memperhatikan kondisi knalpot motor mereka," ujar Muslian, Manager After Sales Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers (Sumatera Selatan & Bengkulu).

   Baca Juga: Aerox 155 Jadi Motor Paddock Yamaha di MotoGP Mandalika, Ini Alasannya

Lantas, bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk merawat knalpot motor? Muslian menjelaskan setidaknya terdapat empat cara menjaga keawetan serta kinerja knalpot motor.

Yamaha All New Aerox 155 Connected/ Aerox 155 Baru

Pertama dengan cara melumasi lubang silencer dan leher knalpot memakai oli secukupnya. Hal ini diperlukan untuk menghindari kebocoran pada area silencer yang diakibatkan oleh karat, yang juga bermanfaat menjaga agar suara knalpot tidak berisik.

   Baca Juga: New Honda Genio Resmi Dijual di Jakarta-Tangerang, Harga Lebih Mahal?

Selanjutnya, bersihkan leher knalpot. Cara membersihkannya cukup dengan mengoleskan oli pada leher knalpot lalu nyalakan motor hingga oli panas dan meresap. Ketiga, cek kondisi knalpot secara rutin guna memastikan apakah terjadi kebocoran atau tidak. Pastikan juga baut pada knalpot tidak kendur.

Terakhir, bersihkan knalpot yang terkena air hujan. Cara ini ditujukan untuk mencegah timbulnya karat karena air hujan yang mengandung asam dapat membuat knalpot berbahan besi menjadi berkarat.

 
 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id