Jangan Tergiur Harga Murah! Ini Cara Bedakan Busi Asli dan Palsu

Jangan Tergiur Harga Murah! Ini Cara Bedakan Busi Asli dan Palsu
Selasa, 27 Desember 2022 09:00
Afrizal Abdul Rahman

Semakin banyaknya produksi kendaraan, tak menampik kemungkinan komponen suku cadang akan dipalsukan oleh oknum tak bertanggung jawab, salah satunya busi.

Kondisi ini tentu sangat merugikan konsumen. Apalagi, busi palsu dibuat secara masal dan dijual dengan harga murah. Untuk itu, Anda wajib mengetahui beberapa tanda busi palsu dan asli. Nah, apa saja?

   Baca Juga: Tingkatkan Pelayanan, PT Piaggio Indonesia Gelar Kontes Mekanik

"Busi palsu itu tidak ada kode yang tertera, karena mereka itu membuatnya home made. Jadi tidak mungkin ada, kan bentuknya juga kecil," kata Diko Oktaviano, Technical Support Product Knowledge PT NGK Busi Indonesia.

Busi kendaraan

Selain kode yang tertera, Diko mengatakan ring busi palsu bisa dibuka dan lebih mudah rusak. Sedangkan, busi asli sebaliknya. "Ring busi asli lebih halus dan tidak mudah dilepas walaupun memutarnya. Kalau palsu bentuknya tidak rapi dan mudah dilepas," tambahnya.

   Baca Juga: Jangan Disepelekan! Ini Waktu Terbaik Ganti Busi Motor

Tak hanya itu saja, dikutip dari laman NGK Indonesia, cara membedakan busi asli dan palsu bisa dari bagian ulir atau yang kerap disebut drat. Pada busi asli, bagian tersebut lebih rapi dan halus dibanding yang palsu.

Terakhir, busi asli menggunakan bahan baja yang kuat dan tidak mudah berkarat. Sementara, kalau busi palsu biasanya mudah berkarat.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.