Jangan Pakai Busi Palsu di Motor, Mesin Bisa Jebol!

Jangan Pakai Busi Palsu di Motor, Mesin Bisa Jebol!
Sabtu, 31 Desember 2022 14:30
Afrizal Abdul Rahman

Dalam memilih komponen penting untuk motor seperti busi harus lebih teliti. Sebab, tak sedikit barang palsu dengan merek busi ternama beredar di pasaran. 

Bukan tanpa alasan, ketika Anda menggunakan busi palsu, maka akan berdampak negatif terhadap kendaraan. Hal tersebut diungkapkan oleh Diko Oktaviano selaku Technical Support Product Knowledge PT NGK Busi Indonesia.

   Baca Juga: Royal Enfield Resmikan Pabrik Baru di Brazil, Produksi 15.000 Motor per Tahun

"Busi palsu itu menggunakan bahan yang berbeda, seperti material nikel yang memang gampang untuk ditiru, biasanya bahan yang digunakan itu besi," katanya baru-baru ini. 

Ia mengatakan besi yang terdapat di busi palsu akan memengaruhi sistem pembakaran kendaraan, karena dapat menimbulkan pengapian baru di ruang tersebut. "Busi yang terbuat dari bahan besi itu akan membuat api baru di dalam ruang bakar, lelehan besi juga tidak benar-benar hancur, berbeda dengan yang asli akan hancur kaya debu," paparnya. 

Busi kendaraan

    Baca Juga: Jelang Malam Tahun Baru, Simak Rekayasa Lalu Lintas di Jakarta

Masalah yang timbul ketika menggunakan busi palsu pun bisa dirasakan dalam jangka pendek. Bahkan, Diko menilai pengaruh terhadap busi palsu bisa membuat mesin jebol. 

"Karena masalah itu mesin bisa jebol dalam jangka pendek, lifetime juga jadi lebih berat dan itu sudah banyak kejadian di lapangan," ucapnya. 

Diko mengimbau jangan pernah tergiur dengan harga busi yang murah. Pastikan busi tersebut asli agar tak ada masalah pada kendaraan dikemudian hari.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.