Jangan Salah! Begini Etika Penggunaan Lampu Jauh Motor yang Benar

Jangan Salah! Begini Etika Penggunaan Lampu Jauh Motor yang Benar
Rabu, 16 November 2022 12:40
Afrizal Abdul Rahman

Ketika kondisi berkendara di jalan raya tentu ada etika yang harus dilakukan setiap pengendara. Salah satunya adalah penggunaan lampu yang benar, terutama jarak jauh. 

Sayangnya, tidak sedikit penggunaan jalan tak tahu dan menyepelekan penggunaan lampu jauh (high beam) ini. Alhasil, dapat menganggu pengguna jalan lain dan sorotan menjadi lebih terang. Lantas bagaimana etika penggunaan lampu jarak jauh yang benar? 

"Digunakan saat kondisi jalan yang gelap atau area blind spot, seperti tikungan tajam di area pegunungan bisa juga saat hujan deras," kata Muhammad Arief, Trainer Yamaha Riding Academy (YRA) saat dihubungi OtoRider baru-baru ini. 

   Baca  Juga: Ternyata Ini Penyebab Utama Mika Lampu Menjadi Kusam

Lebih lanjut, Arief mengatakan setiap pengendara juga harus memahami kondisi yang tak perlu menggunakan lampu jarak jauh saat berada di jalan raya. 

Lampu motor

"Perlu dipahami saat menyalakan lampu jauh hindari ketika cahaya penerangan jalan cukup baik, maupun lampu pengendara lain," tambahnya.

   Baca Juga: Mau Cuci Helm Kesayangan Anda? Segini Biayanya

Arief menilai ketika penggunaan lampu jauh terus dilakukan, dapat menyilaukan pengguna jalan lain yang berada di depan maupun berlawanan.

"Bahayanya kalau sering digunakan bisa menyilaukan pengendara lain. Untuk itu, etika menggunakan lampu jauh harus dipahami dengan benar," ucap Arief. 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.