Bahaya! Ini Efek Membiarkan Knalpot Motor yang Bocor

Bahaya! Ini Efek Membiarkan Knalpot Motor yang Bocor
Senin, 29 Mei 2023 20:15
Ruslan Abdul Gani

Seiring pemakaian, knalpot juga bisa mengalami masalah, salah satunya timbul kebocoran. Ciri knalpot bocor biasanya ditandai dengan suara mendesis atau menembak ketika putaran gas ditutup.

Namun, ciri tersebut terkadang jarang disadari oleh para pemilik motor. Soalnya, motor yang mengalami knalpot bocor tetap bisa dipakai jalan seperti biasa. Lalu, apa efek negatifnya jika membiarkan knalpot bocor?

   Baca Juga: Ciri dan Cara Mengecek Knalpot Motor yang Bocor

Efek Biarkan knalpot Bocor

Ayi Kurnia selaku Service Advisor Yamaha Putra Agung Ciganjur, Jakarta Selatan menjelaskan salah satu efek negatifnya bisa menyebabkan kerja mesin jadi lebih berat. 

"Kinerja mesin jadi lebih berat. Dampaknya tarikan motor jadi kurang bertenaga atau loyo. Selain itu, pendinginan mesin jadi kurang maksimal," ujar Ayi kepada OtoRider beberapa waktu lalu.

Efek Biarkan knalpot Bocor

   Baca Juga: Kick Starter di Motor Matic Juga Perlu Dirawat, Begini Caranya

Selain itu, knalpot bocor juga bisa menyebabkan konsumsi bahan bakar jadi lebih boros. "Motor jadi boros bahan bakar karena sirkulasi pendinginan yang kurang stabil," jelas Ayi.

Kalau dibiarkan dalam jangka waktu lama, mesin motor juga bisa mengalami overheat. "Masalah overheat bisa terjadi akibat dari keluarnya campuran bahan bakar dan sisa pembakaran melalui jalur pintas dari bagian yang bocor," terangnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.