Bisa Bikin Blong, Begini Ciri Rem Masuk Angin pada Motor

Bisa Bikin Blong, Begini Ciri Rem Masuk Angin pada Motor
Selasa, 23 Mei 2023 12:30
Ruslan Abdul Gani

Sistem pengereman merupakan peranti penting yang harus dijaga kondisinya agar berkendara tetap aman. Apabila sistem pengereman tidak sering dirawat, pasti akan mengalami banyak masalah, salah satunya masuk angin. 

Kondisi rem masuk angin ini dialami oleh jenis pengereman hidrolik atau cakram yang menggunakan minyak rem dalam kinerjanya. Kalau dibiarkan tentu akan membahayakan pengendara saat motor digunakan. Lantas, bagaimana ciri atau gejala rem masuk angin pada motor?

   Baca Juga: Catat! Ini Waktu Servis Tahun Pertama Yamaha Grand Filano

Ciri Rem Masuk Angin

Ayi Kurnia selaku Service Advisor Yamaha Putra Agung Ciganjur, Jakarta Selatan menjelaskan gejala atau ciri rem masuk angin bisa dirasakan saat tuas rem dipencet. "Gejala atau ciri rem cakram masuk angin biasanya saat tuas rem ditekan bakal  terasa enteng seperti kosong. Lalu, ketika dipencet sekali lagi akan terasa lebih keras," ujar Ayi Kurnia saat ditemui OtoRider beberapa waktu lalu.

Ayi menjelaskan masalah rem masuk angin ini sesuai dengan namanya, ada udara yang terperangkap di dalam sistem pengereman. "Angin yang masuk ke sistem rem bisa berasal dari kondisi minyak rem sudah jelek atau kapasitas minyak rem yang terlalu sedikit," ucap Ayi.

Ciri Rem Masuk Angin

   Baca Juga: Teknik Mencegah Rem Motor Matic Blong Saat Turunan Panjang

Jika kondisi minyak rem sudah jelek, tidak bisa menahan suhu panas yang dihasilkan dari gesekan kampas rem dan piringan cakram. "Kalau kondisi minyak rem sudah jelek bakal mendidih dan menimbulkan udara yang terperangkap, sehingga menyebabkan masalah masuk angin ini," jelas pria asal Cianjur, Jawa Barat tersebut.

Ayi mengungkapkan kondisi rem yang mengalami masuk angin bisa bikin rem menjadi kurang pakem, bahkan blong. "Rem yang masuk angin bisa bikin blong. Jadi sebaiknya kalau sudah timbul gejala atau ciri seperti tadi, harus segera diservis remnya," imbaunya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.