Bohlam Tak Putus Tapi Lampu Sein Motor Bermasalah? Cek Bagian Ini!

Bohlam Tak Putus Tapi Lampu Sein Motor Bermasalah? Cek Bagian Ini!
Sabtu, 28 Januari 2023 11:45
Benny Averdi

Setiap instrumen pada motor harus selalu bekerja dengan baik ketika dipakai berkendara di jalan raya. Salah satu instrumen penting yang perlu dijaga kondisinya adalah sistem pencahayaan atau lampu-lampu, baik lampu utama, belakang, maupun sein.

Namun seiring pemakaian, segala perangkat tadi dapat mengalami kerusakan atau berfungsi dengan tidak sempurna. "Seperti lampu sein. Sering dijumpai motor lampu seinnya tidak menyala," ujar Sutrisno, Pemilik sekaligus Mekanik Jawa Motor di Palmerah, Jakarta Barat.

   Baca Juga: Meski Nilainya Turun, Subsidi Motor Listrik Akan Diumumkan Februari

Menurut Sutrisno, ada berbagai macam masalah yang bisa menimpa lampu sein, hingga menjadi tidak berfungsi. Contohnya seperti pada Yamaha Byson yang tengah ditangani.

"Dilihat dari bohlamnya masih menyala, tetapi redup sinarnya atau juga yang tidak mau berkedip," ujarnya.

Yamaha All New R15 Connected dan All New R15 Connected-ABS

Sutrisno pun mengasumsikan ada yang bermasalah pada area saklar. Tetapi setelah diperiksa, saklar tidak ada masalah dan semua bagian masih berfungsi dengan baik. Selanjutnya, ada bagian lain yang perlu diperiksa yaitu flasher lampu sein.

"Kalau flasher sudah tidak bagus, penghantaran arus ke lampu juga bisa berkurang," ungkapnya.

   Baca Juga: Lima Daerah Ini Terapkan Pemutihan Pajak 2023

Akan tetapi, kalau lampu masih berkedip, artinya flasher relatif masih dalam kondisi baik. Sementara bila flasher rusak, fungsi sebagai pemutus-penyambung arusnya hilang, sehingga lampu tidak berkedip.

Hal lainnya yang perlu dicek adalah perangkat elektrik di motor, yaitu kondisi aki. "Aki yang baik akan memberikan suplai arus listrik yang sempurna ke setiap komponen elektrik pada motor. Jika lemah, maka fungsinya pun berkurang," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.